Tangkap Ius Pane, 2 Polisi Rela Menyamar Jadi Seperti Ini

2790 views

TOPIKTREND.COM, Inilah sosok polisi yang berhasil melakukan penangkapan terhadap Ius Pane pelaku perampokan sadis yang berakhir dengan tragis usai terbunuhnya pemilik rumah Ir Dodi Triono dan anggota keluarganya.

Ius Pane alias Ridwan Sitorus atau Marihot Sitorus diringkus di pool bus Antar Lintas Sumatera (ALS) Kota Medan usai menempuh perjalanan jauh dari Bogor, Minggu (1/1/2017).

Jajaran Ditrkimum Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Timur, dan Polresta Depok berjasa meringkus Ius Pane hingga ke Medan.

Penangkapan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana Marpaung.

Terlihat dalam foto yang beredar di media sosial tim polisi yang berhasil meringkus Ius Pane merayakan keberhasilan mereka dengan berpose bersama dengan perampok yang dipimpin Ramlan Butar-butar.

Mereka dari awal sudah berhasil mengendus jejak yang ditinggalkan oleh Ius Pane usai meninggalkan terminal ALS di Bogor.

ius

Sebelum menangkap Ridwan Sitorus alias Ius Pane atau Marihot Sitorus (45), perampok di Pulomas, Jakarta Timur, dua polisi berpakaian preman mondar-mandi di kantin Pool Bus ALS, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sumut.

Anto seorang warga merasa kaget, dua pemuda yang minum kopi di kantin Pool Bus ALS merupakan anggota polisi. Karena itu, ia berpendapat penyamaran anggota polisi sangat bagus.

"Kalau aku sebut penyamarannya bagus. Kayak kalian ini (wartawan) pakai pakaian kemeja dan kos. Kemudian, duduk-duduk di kantin, kami anggap mahasiswa ataupun penumpang biasa," ujarnya di kantin Pool Bus ALS, Minggu (1/1/2017) siang.

Dia menyampaikan, dua polisi yang berpakaian preman itu sudah menunggu kedatangan bus, sehari sebelum penangkapan.

"Saya baru tahu mereka polisi saat bus tiba tadi pagi. Kemudian melakukan penangkapan di parkir belakang saat penumpang turun. Tiba-tiba ramai rupanya polisi semua tadi," katanya.

Menurutnya, petugas kepolisian sudah mengikuti Bus ALS dari Bogor, Jawa Barat.

Sehingga, mereka langsung memasuki bus yang bernomor pintu 333 tersebut.

"Mungkin sudah tahu polisi itu, karena begitu bus masuk langsung mereka berhentikan. Apalagi mereka sudah lama menunggu di sini. Jadi saya pikir cocoklah ditangkap perampok itu," ujarnya.

Aparat kepolisian menangkap Ridwan Sitorus alias Ius Pane atau Marihot Sitorus (45), salah satu pelaku perampokan sadis di Pulomas Jakarta Timur, setelah ia lima hari melarikan diri.