Awas, Dosis Ibuprofen Terlalu Tinggi Bisa Bikin Pria Tidak Subur

132 views

TOPIKTREND.COM, Ternyata menurut sebuah penelitian baru, mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit bisa mengakibatkan ketidaksuburan pada pria. Dosis ibuprofen sendiri dalam penggunaannya memang harus benar- benar diperhatikan.

Kita tahu bahwa Ibuprofen adalah obat jenis non-steroidal anti-inflammatory drug yang sering digunakan untuk meredakan nyeri seperti demam, sakit kepala, sakit gigi dan lainnya.

Awas, Dosis Ibuprofen Terlalu Tinggi Bisa Bikin Pria Tidak Subur

Sebuah studi di Proceedings of National Academy of Sciences telah menemukan penggunaan ibuprofen secara teratur dapat menyebabkan hipogonadisme. Ini adalah sebuah kondisi yang menyebabkan infertilitas, depresi, disfungsi ereksi, dan hilangnya tulang serta massa otot.

BACA JUGA:   Belasan Waria Ini Kini Jadi Macho, setelah Dididik Polisi, Begini Prosesnya.

Pada penelitian ini, direkrut 31 pria sehat yang usianya antara 18 dan 35 tahun. Empat belas pria minum dua dosis ibuprofen 600 miligram perhari dalam enam minggu. Jumlanya sama dengan yang dibutuhkan seorang atlet dalam mengatasi rasa nyeri. Sementara 17 orang lainnya minum pil placebo.

Setelah 14 hari konsumsi ibuprofen, para peneliti menemukan kadar hormon luteinizing darah lebih tinggi. Hormon ini mengatur produksi hormon testosterone dan hormon seks lainnya. Setelah 44 hari, tingkat hormon ini lebih tinggi. Dan inilah tandanya hipogonadisme.

BACA JUGA:   Waspadai Serangan Jantung Akibat Patah Hati Yang Mendalam

Selain itu uji coba juga dilakukan para peneliti tentang efek langsung dosis ibuprofen pada testis. Tes ini menggunakan sampel yang diambil dari donor organ. Jika terkena kadar ibuprofen yang diminum dengan cara oral, testis akan menghasilkan testosteron lebih sedikit setelah 24jam. Makin tinggi paparannya efeknya makin dramatis.

Tags: #Dosis Ibuprofen #Ibuprofen #Kesehatan #obat