Kenali Macam-macam Penyakit Kulit sejak Dini

Posted on

macam-penyakit-kulitTOPIKTREND.COM, Kulit yang bersih, mulus dan sehat menjadi idaman setiap orang. Meski begitu, masih saja ada keluhan dari beberapa orang tentang penyakit kulit. Sebagai tindakan preventif, tidak ada salahnya jika kita kenali macam-macam penyakit kulit sejak dini. Yuk, kita telusuri artikel ini!

Penyakit kulit tidak memilih penderitanya, tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Anggapan bahwa orang yang menderita penyakit kulit tidak menjaga kebersihan dengan baik tidaklah selalu benar! Penyakit kulit bisa saja karena bakteri, virus, alergi atau berbagai faktor lainnya. Meski begitu penyakit kulit dapat membuat penderitanya merasa tidak percaya diri.

BACA JUGA:   Ternyata, Banyak Sekali Manfaat yang Tersimpan Pada Biji Semangka

Macam-macam Penyakit Kulit

  • Eksim

Jenis eksim ada dua yaitu eksim basah dan eksim kering. Gejalanya adalah rasa gatal, kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah, juga ada gelembung-gelembung kecil berisi air atau nanah. Penyakit ini biasanya ada di kaki, tangan, telinga dan lipatan paha.

Penyebabnya bisa karena alergi terhadap makanan seperti udang, telur, daging, ikan laut, susu hewani, vetsin dan alkohol atau alergi terhadap deterjen, obat, sabun dan kosmetik.

  • Bisul

Penyebabnya adalah infeksi bakteri Stafilokokus Aureus pada kulit. Biasanya menyerang folikel rambut, kelenjar, keringat dan kelenjar minyak.  Gejalanya ialah adanya benjolan pada kulit yang berisi nanah, terasa panas, berdenyut dan membesar.

  • Kudis
BACA JUGA:   Masih Berani Makan Ikan Nila? Mereka Tumbuh Besar Karena Makan Ini

Penyebabnya adalah parasit tungau yang gatal.  Gejalanya yaitu rasa gatal pada sela-sela jari tangan, kaki, bawah ketiak, pinggang dan alat kelamin. Kudis menular secara langsung dengan sentuhan maupun tidak langsung dengan penggunaan sabun, handuk dan pakaian secara bergantian.

  • Kurap

Penyebabnya adalah jamur. Gejalanya ditandai dengan adanya lingkaran-lingkaran bersisik, gatal, lembap, berair dan tebal.  Biasanya terjadi di tengkuk, leher dan kulit kepala.

  • Kanker Kulit Malanon

Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Gejalanya ialah tahi lalat yang membesar dan adanya peradangan di sekitarnya.

  • Jerawat

Penyebabnya adalah bakteri di kulit.

  • Campak
BACA JUGA:   Coba Rendam Kaki dalam Air Es Selama 15 Detik Setiap Malam, Deretan Manfaat Berikut akan Anda Rasakan!

Penyebabnya adalah virus. Campak menular dan biasanya terjadi pada anak-anak. Gejalanya ialah demam, pilek, bersin, badan lemas, nafsu makan berkurang, dan terjadinya peradangan pada mata. Di seluruh bagian tubuh terdapat ruam kemerahan yang semakin lama membesar dan menyebar.

Sudah cukup mengenal macam-macam penyakit kulit kan? Semoga bisa hidup sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *