3 Eks Koruptor Lolos Nyaleg di Sulsel, Dari Berkarya-Perindo-PKPI

Posted on





Makassar
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meloloskan gugatan beberapa caleg eks terpidana korupsi untuk maju dalam pileg 2019. Putusan final kepesertaan mereka saat ini ada di tangan KPU.

“Kalau Bawaslu kan sudah mengeluarkan putusan. Nanti apakah KPU mau eksekusi atau tidak,” kata Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi sata berbincang dengan detikcom, Jumat (31/8/2019).

Berdasarkan catatan Bawaslu Sulsel, para eks terpidana korupsi itu adalah Andi Muttamar Mattorang dari partai Berkarya yang pernah menjalani vonis 11 bulan penjara, Ramadan Umasangi dari Perindo dengan vonis 1 tahun penjara, dan terakhir Joni Kornelius Tondok dari PKPI dengan vonis 2 tahun penjara.

BACA JUGA:   Kesaksian Nakhoda KM Jaya yang Hilang Kontak Bersama 9 Turis Australia di Perairan Pulau Sarangalu

Sementara itu, Ketua Panwaslu Pare-pare mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada KPU Kota Pare-pare untuk segera menerima dan memverikasi bekas dari Ramadan Umasangaji.

“Kalau Ramadan ini disebutkan pernah terlibat dalam kasus korupsi tunjangan rumah. Saya lupa tahun berapa, tapi dia saat itu menjadi terpidana,” kata Zaenal saat dihubungi terpisah.

BACA JUGA:   Resmikan Rumah KMA, Ma'ruf Amin Jelaskan Rencana Jika Jadi Wapres

Putusan Bawaslu ini didasarkan pada UU Pemilu, di mana disebutkan seorang mantan narapidana masa hukuman lima tahun atau lebih, boleh mencalonkan diri selama yang bersangkutan mengumumkan pernah berstatus sebagai narapidana di publik.
Putusan MK juga membolehkan eks koruptor nyaleg dengan syarat tertentu.

Namun, hal itu bertentangan dengan PKPU Nomor 20 tahun 2018 yang menyebutkan tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Lalu para caleg bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.

(fiq/asp)

BACA JUGA:   Kata Wanhor PAN soal Kontraktor Ngaku Biayai Rumah Tangga DPD Jambi


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: 3 Eks Koruptor Lolos Nyaleg di Sulsel, Dari Berkarya-Perindo-PKPI