410 Jenazah Korban Tsunami Palu Mengapung di Pantai, Jumlah Korban Terus Bertambah

Posted on

Namun, pada sore hari, jumlah korban sudah mencapai ratusan orang dan terus bertambah hingga ribuan pada hari-hari berikutnya.

“Yang baru dilaporkan 384 yang hilang. Tapi, itu bisa sampai seribu, ribuan itu,” kata Kalla.

Tidur di Jalan

Sementara itu, ribuan warga terpaksa tidur di ruas jalan pasca-gempa bermagnitudo 7,4 SR diikuti tsunami menghantam Kota Palu.

BNPB mengimbau warga untuk tidak ke dalam rumah mengingat masih terjadinya gempa susulan dan sebagian besar rumah warga sudah tidak stabil pasca-gempa awal.

“Iya, masih ada yang tidur di jalanan. Saya juga mengimbau untuk tidak dulu masuk ke dalam bangunan karena masih ada kemungkinan gempa susulan,” ujar Sutopo.

BACA JUGA:   Keira Knightley: Wanita di Dunia Perfilman Perlu Banyak Dukungan!

Sampai pada pukul 17.00 Wita, setidaknya baru ada 24 titik pusat pengungsian yang bisa diakses oleh warga di Kota Palu. Sementara, jumlah pengungsi mencapai 16.732 orang.

Adapun barang-barng yang dibutuhkan oleh para pengungsi di antaranya adalah tenda, terpal, selimut, makanan siap saji, air bersih, tenaga medis, dan obat-obatan.

Selain korban jiwa, gempa bermagnitudo 7,4 SR diikuti tsunami di Kota Palu mengakibatkan rumah warga hingga sebagian infrastruktur penggerak dan denyut nadi kota, seperti listrik dan telekomunikasi mengalami kerusakan.

“Saat ini setidaknya sudah dua gardu listrik yang sudah menyala dari total tujuh gardu yang sebelumnya mati,” kata Sutopo.

BACA JUGA:   Pesan Sandi ke Ahmad Dhani: Baiknya Tak Pakai Kata yang Mendegradasi

BNPB bersama dengan pemangku kepentingan akan terus berupaya untuk menghidupkan gardu-gardu tersebut sehingga, dapat menghidupkan komunikasi yang sempat terputus.

Jembatan Kuning yang menjadi jembatan lengkung ketiga di dunia dan menjadi ikon Kota Palu, hancur dihantam dahsyatnya gempa dan tsunami.

Bukan hanya itu, akses darat menuju Palu, baik dari Makassar dan sekitarnya juga sempat terputus akibat tanah longsor yang diakibatkan oleh gempa berkekuatan 7,4 SR.

Bandar udara Mutiara SIS Al-Jufrie yang mengalami kerusakan di runway sepanjang 500 meter, kini telah dibuka kembali dan akan diprioritaskan untuk bantuan dan logistik serta evakuasi warga menuju Makassar.

BACA JUGA:   Roro Fitria Sesalkan Berlian Peninggalan Leluhur Juga Digondol Maling

Tebing Bawah Laut Longsor

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sukmandaru Prihatmoko menganalisis terjadinya tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, terlebih soal bagaimana gelombang air laut yang setinggi 6 meter bisa menerjang daratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *