410 Jenazah Korban Tsunami Palu Mengapung di Pantai, Jumlah Korban Terus Bertambah

Posted on

Gelombang setinggi 6 meter sebelumnya dikatakan oleh Sutopo.

“BMKG bilang tinggi bisa mencapai 3 meter kan, tapi ternyata lebih, bahkan 6 meter. Analisis kami, itu tadi karena ada tebing bawah laut yang longsor dan volume air laut yang kemudian bertambah,” ujarnya di Gedung BNPB, Jakarta, kemarin.

Dia berhipotesis karena tsunami terjadi di teluk, yakni Teluk Palu, terdorong oleh air yang merupakan hasil longsor tebing bawah laut itu. “Karena teluk itu kan dia menjorok ketika ke daratan,” tambahnya.

Dari sana, dirinya menjelaskan gelombang yang volume airnya besar itu pun menerjang daratan dengan kencang, karena terakumulasi dengan gelombang yang dibawa dari laut atau dari longsor bawah laut. “Jadi mungkin awalnya di mulut teluk enggak terlalu besar, tapi begitu dia terdorong dari belakang dan teramplifikasi, itu akan naik dan kecepatannya juga tinggi,” katanya.

BACA JUGA:   Soal #2019GantiPresiden, Kapitra: Bayangkan Seandainya Era Suharto

Sukmandari menyebut kecepatan gelombang tsunami di Teluk Palu mencapai 250 km per jam. “Dia karena didorong terus oleh gelombang dari belakang, jadi semakin tinggi gelombangnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sukmandaru menjelaskan, longsor dasar laut itulah yang membawa komponen tanah atau pasir sehingga air laut di Teluk Palu berbeda dengan air di Donggala.

BACA JUGA:   Shezy Idris Merasa Hubungannya dengan Suami Lebih Sehat dengan Cerai

“Air laut di Teluk Palu lebih keruh dibanding di Donggala, makanya waktu tsunami kelihatan airnya agak kekuningan,” ujarnya.

Sukmandaru menambahkan, banyaknya aliran sungai-sungai di Palu yang bermuara ke laut dan membawa komponen pasir dan tanah, juga mengakibatkan tanah itu mengendap di dasar laut.

Namun, ia menilai masih ada kemungkinan lain jika gempa darat memicu tsunami. “Dan itu perlu diteliti lagi ya,” tukasnya. (tribun network/ryo/dit/coz)

BACA JUGA:   7 Musisi Hip-hop dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul 410 Jenazah Mengapung di Pantai Talise, Jumlah Korban Gempa di Palu Diperkirakan Terus Bertambah, http://bali.tribunnews.com/2018/09/30/410-jenazah-mengapung-di-pantai-talisejumlah-korban-gempa-di-palu-diperkirakan-terus-bertambah?page=all.

Editor: Ady Sucipto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *