Cuci Uang Jemaah Rp 1,2 Triliun, Abu Tours Bikin Film hingga Kafe

Posted on





Makassar
Dana jemaah ABu Tours sebesar Rp 1,2 T dipergunakan oleh pemiliknya, Hamzah Mamba untuk keperluan pribadi. Dana itu mengalir untuk membuat beberapa unit usaha seperti restoran hingga pembuatan film.

Hal ini terlihat dalam surat dakwaan jaksa atas Hamzah Mamba sebagaimana dikutip detikcom, Kamis (20/9/2019). Berikut daftar unit usaha Hamzah Mamba:

1. Restoran Alabaik

Restoran Alabaik (PT Alabaik Nusantara), didirikan sejak tahun 2013 dengan modal awal Rp 500 juta yang berasal dari usaha PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours). Pada tahun 2016, dilakukan pengembangan usaha dengan menyewa dua ruko di Jalan Manuruki dan Jalan Mappoadang, Kota Makassar, serta membeli perlengkapan restoran itu.

BACA JUGA:   Foto Anak Punk yang Mirip Jokowi Dibuat agar Mencerdaskan Publik

Untuk biaya operasional Alabaik dipergunakan dari keuntungan restoran ini. Namun, PT Abu Tours dapat menggunakan dana ini sewaktu-waktu jika diperlukan oleh PT Abu Tours.

2. Alika Printing (PT Alika Printing)

Alika Printing didirikan pada tahun 2014, dengan modal awal untuk kegiatan sewa ruko di Jalan Bajigau, Makassar, dengan modal awal Rp 500 juta. Sejak tahun 2015, ruko telah menjadi hak milik Hamzah Mamba.

Namun untuk keperluan pembiayaan PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours), terdakwa menggadaikan sertifikat ruko ke PT Ayu Berga. Lalu dilakukan pengembangan dengan menyewa ruko dan membli alat di Jalan Pengayoman, Kota Makassar. Alat cetak dibeli secara bertahap dengan moda Rp 3 Miliar yang berasal dari PT Amanah Bersama Ummat.

BACA JUGA:   Vulgar, Batman di Komik Ini Sengaja Disensor

3. Harian Amanah (PT Harian Amanah)

Harian Amanah didirikan pada tahun 2015. Tahun 2016, Hamzah Mamba membeli mesin cetak seharga Rp 3 miliar yang dicicil. Sampai saat ini, Hamzah Mamba masih memiliki tunggakan sebesar Rp 127.635.500. Pembelian dan pembayaran cicilan ini melalui PT Amanah Bersama Ummat.
<!–

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program “Reportase Sore” TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

–>

BACA JUGA:   Jika Jemaah Jadi Dipindah, Mina Jadid Akan Jadi Pos Petugas Haji

Let’s block ads! (Why?)


Source: Cuci Uang Jemaah Rp 1,2 Triliun, Abu Tours Bikin Film hingga Kafe