Hari Ini Dishub DKI Bahas Perluasan Ganjil Genap

Posted on




Jakarta
Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan membahas kelanjutan perluasan penerapan ganjil genap usai gelaran Asian Games 2018. Dishub DKI akan menggelar rapat bersama sejumlah pihak terkait.

Rapat akan dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Gedung Dishub DKI Jakarta, Jumat (31/8/2018). Pembahasan rapat di antaranya akan merujuk ke hasil fokus group discussion (FGD) yang digelar Dishub DKI pada Rabu (29/8) terkait penerapan sistem ganjil genap pasca Asian Games 2018.

FGD tersebut menghasilkan 3 poin utama, di antaranya animo masyarakat terhadap pemberlakuan ganjil-genap masih baik. Hal ini berdasarkan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Ganjil Genap sampai dengan tanggal 28 Agustus 2018. Monitoring dan evaluasi tersebut menunjukkan, bahwa kinerja lalu lintas, kualitas udara dan tingkat penggunaan angkutan umum terlihat cukup baik.

BACA JUGA:   Jawaban Santai Jokowi Soal Ketua Timses

Peserta FGD yang terdiri dari berbagai institusi serta pakar-pakar transportasi pada dasarnya sangat mengapresiasi keberhasilan kebijakan Ganjil Genap yang dicapai. Para pakar sepakat penerapan ganjil genap saat Asian Games dilanjutkan.

Alternatif usulan keberlanjutan Ganjil Genap terdiri dari, pelaksanaan uji coba dan pooling online kepada masyarakat guna menjaring aspirasi terhadap pemberlakukan ganjil genap, dan pemberlakuan ganjil genap getelah Asian Games menuju Asian Paragames (masa transisi).

Dalam surat undangan Kadishub DKI Kamis (30/8/2018), pihak yang diundang rapat antara lain Dirlantas Polda Metro Jaya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI, dan Ketua Koalisi Pejalan Kaki.

BACA JUGA:   MA Tegaskan Merek Pierre Cardin Milik Pengusaha Jakarta

Selain itu ada juga Ketua Komite Penghapusan Bensin Bertimbal, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Institut Studi Transportasi (Instran), Pengguna Commuter Line Mania, Forum Transportasi Jakarta, hingga Komunitas Sepeda Jakarta.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengusulkan perluasan sistem ganjil-genap yang diterapkan pada Asian Games diperpanjang sampai penyelenggaraan Asian Paragames di Jakarta. Ganjil-genap selama Asian Games dinilai efektif mengurangi kemacetan Jakarta.

“Kalau kami kemarin merekomendasikan ini, kan bulan 10 (Oktober) ada Inapgoc, Asian Paragemes. Kalau saya merekomendasikan (ganjil-genap) sampai itu Paragames selesai, karena Paragames begini juga sama,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8).

(nvl/yas)

BACA JUGA:   Propam Banten: Oknum Polair Pelaku Pungli Minta Rp 175 Juta


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Hari Ini Dishub DKI Bahas Perluasan Ganjil Genap