Jokowi Teken Perpres Pengamanan Capres-Cawapres

Posted on





Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 Tahun 2018 tentang Pengamanan dan Pengawalan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Pengamanan dan pengawalan pasangan capres-cawapres dilakukan oleh Polri.

“Dalam hal Presiden dan Wakil Presiden menjadi calon Presiden atau calon Wakil Presiden, pengamanan dan pengawalan tetap diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 2 ayat (2) Perpres tersebut,” bunyi salah satu Perpres, dikutip detikcom dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (20/9/2018).

Pengamanan dan pengawalan capres dan cawapres berlaku mulai hari ini sejak KPU menetapkan paslon terpilih. Pengamanan meliputi pribadi capres dan cawapres, istri atau suami capres dan cawapres, kediaman dan penginapan yang digunakan capres dan cawapres, tempat kegiatan, acara, dan instalasi lain yang dihadiri oleh capres dan cawapres, makanan dan medis serta kendaraan yang digunakan oleh capres dan cawapres.

BACA JUGA:   BW: Warga DKI Ingin Wagub yang Tak Cacat Integritas

“Ketentuan lebih lanjut mengenai pedoman teknis pelaksanaan pengamanan dan pengawalan calon Presiden dan calon Wakil Presiden diatur dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” bunyi Pasal 7 Perpres.

KPU hari ini telah menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2019. Untuk pengamanan, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan pihaknya telah melakukan seleksi personel untuk melakukan pengamanan terhadap capres-cawapres. Seleksi yang dilakukan selama dua bulan menghasilkan ada sebanyak 452 personel Polri yang terpilih.

BACA JUGA:   MA Kabulkan Mosi Tak Percaya Bupati Pegunungan Bintang Papua

“Mabes Polri telah melaksanakan seleksi pengamanan capres cawapres ini sekitar 2 bulan. Kita laksanakan seleksi kesehatan, fisik. Kemudian kita lakukan asesmen,” kata Ari Dono di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

“Dan dalam kegiatan tersebut kita tetapkan ada sebanyak 452 personel yang nantinya akan melakukan pengamanan capres cawapres ini. Dan tiap calon pres melekat sebanyak 37 orang terdiri ADC (Aide De Camp), walpri (pengawal pribadi),” sambungnya.

(nkn/bag)

BACA JUGA:   Kedai Ayam Goreng di Pesanggrahan Kebakaran


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Jokowi Teken Perpres Pengamanan Capres-Cawapres