Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka Halaman 7 Hukum Tajwid dalam Surah Al-Ma’Un


SEARCH DISINI :

Kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 7 kurikulum merdeka Temukan hukum tajwid yang lain dalam Surah al-Ma’Un, tepatnya pada materi Bab 1 Menyayangi Anak Yatim pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti semester 1.

Kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 7 kurikulum merdeka Temukan hukum tajwid yang lain dalam Surah al-Ma'Un

Read More

Aktivitasku

1. Temukan hukum tajwid yang lain dalam Surah al-Ma’Un!
2. Carilah hukum bacaan ikhfa safawi, Izgam mutama Silain, dan Izhar syafawi salam Al Quran !

Jawaban :

Hukum Tajwid Surah al Ma’Un

AYAT 1
1. أَرَأَيْتَ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
2. بِالدِّينِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 2
1. عُّ الْيَتِيمَ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf YA. Cara membacanya harus terang dan jelas.
2. الْيَتِيمَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 3
1. مِ الْمِسْكِينِ : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf MIM. Cara membacanya harus terang dan jelas.
2. الْمِسْكِينِ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 4
1. فَوَيْلٌ : Mad layin, karena ada tanda baca fatkkhah bertemu dengan huruf ya mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
2. لِّلْمُصَلِّينَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 5
1. هُمْ عَن : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf AIN. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
2. عَن صَلَا : Ikhfa haqiqi, karena ada dhommah tain bertemu dengan hurud SYOT. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf SYOT.
3. تِهِمْ سَا : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf SIN. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
4. سَاهُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 6
1. هُمْ يُرَ : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf YA. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
2. يُرَاءُونَ : Mad wajib, karena ada huruf mad thabi’i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya panjang 5 harakat.
3. ءُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

AYAT 7
1. وَيَمْنَعُو : Idhar safawi, Idhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf NUN. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
2. الْمَا : Al qomariah, karena ada huruf ال bertemu dengan huruf MIM. Cara membacanya harus terang dan jelas.
3. الْمَاعُونَ : Mad arid lisukun, karena ada waqaf yang sebelumnya ada huruf mad thabi’i. Cara membacanya boleh panjang 4 harakat atau lebih dan juga boleh dua harakat.

Aktivitasku
Isilah kolom yang masih kosong dengan arti lafal yang tepat di bawah ini!

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 11

Demikian pembahasan kunci jawaban PAI kelas 5 SD MI halaman 7 kurikulum merdeka Bab 1 Menyayangi Anak Yatim di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV semester 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts