Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 123 124 125 Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Bertualang Buku Tematik


SEARCH DISINI :

Kunci jawaban tema 8 kelas 3 halaman 123, 124, dan 125, pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Bertualang. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 2 subtema 3 kelas 3 SD / MI dari halaman 123 sampai 125 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 123 124 125 Pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Bertualang Buku Tematik

Read More

Ayo Membaca

Mengenal Budaya Indonesia

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantaidan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda. Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 123 124

Perhatikan contoh perilaku berikut ini!

Udin beragama Islam. Edo beragama Kristen Protestan. Udin dan Edo tetap rukun berteman. Udin dan Edo menerima dan menghormati perbedaan.

Siti berasal dari suku Minang. Dayu berasal dari suku Bali. Siti dan Dayu tetap rukun berteman. Siti dan Dayu menerima dan menghormati perbedaan.

Beni dan Lani memiliki pendapat yang berbeda saat berdiskusi. Beni dan lani tetap rukun berteman. Beni dan Lani menerima dan menghormati perbedaan.

Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.

Ayo Berlatih

Berilah tanda centang (✔) untuk contoh sikap menghormati perbedaan. Berilah tanda silang (X) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.

Jawaban:

No Sikap Tanda
1 Bermain dengan semua teman
2 Menolak pendapat orang lain X
3 Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik X
4 Memberi kesempatan teman untuk beribadah
5 Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda

Ada banyak contoh pelaksanaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jelaskan salah satu contoh yang pernah kamu temui!

Jawaban: Jika ada teman yang memiliki perbedaan pendapat, tidak boleh memaksa kehendaknya harus sama dengan pendapat kita. Bersikap baik dengan sesama, tidak saling mengejek jika terdapat perbedaan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 125

Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua Siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak.

Pengemudi harus berhati-hati saat melintasi jalan di pegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.

Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut!

Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.

Tema 8 Kelas 3 Halaman 124

Ayo Berlatih

Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!

Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya

Menurut kalian, mengapa harus dipasang rambu jalan berkelok?

Jawaban, buka DISINI.

Kegiatan Bersama Orang Tua : Orang tua mengenalkan berbagai perbedaan dan cara menyikapi perbedaan yang ada di lingkungan rumah.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 3 halaman 123 124 125 pembelajaran 2 Subtema 3 Aku Suka Bertualang pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts