Lembaga Adat Melayu Riau Bantah Ikut Deklarasi #2019GantiPresiden

Posted on




Pekanbaru
Saat ini viral kabar Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau akan ikut deklarasi #2019GantiPresiden. Pihak LAM Riau membantah kabar Hoax yang viral tersebut.

“Tidak benar. Kami tidak ada keterkaitan soal politik. Hoax itu (kabar viral LAM akan ikut deklarasi ganti presiden),” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, Datuk Syahril Abu Bakar kepada detikcom, Jumat (31/8/2018).

Syahril menjelaskan, pihaknya memang menerima tamu dari Ormas yang datang ke LAM Riau. Ormas tersebut berkunjung pada Rabu (29/8) malam. Mereka menyampaikan aspirasinya akan menggelar kembali deklarasi #2019GantiPresiden pada 2 September 2018.

BACA JUGA:   Pikap Bermuatan Beras Terbalik di Tol Jatiwaringin, Lalin Padat

“Mereka datang mengatasnamakan 60 perwakilan Ormas ke LAM Riau menyampaikan aspirasinya akan deklarasi. Mereka datang tentulah kita terima dengan baik, segala aspirasinya kita tampung,” kata Syahril.

Masih menurut Syahril, tidak hanya pihak yang akan deklarasi yang datang ke LAM Riau. Pihak-pihak yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden juga datang ke LAM Riau.

“Jadi kita ini ibaratnya orang tua menampung semua pihak. Kita tidak pro sana pro sini. Inikan kental nuansa politiknya, sehingga kita sangat berhati-hati sekali,” kata Syahril.

Menurut Syahril, kedatangan kelompok yang akan deklarasi diterima dengan baik. Namun LAM Riau tidak pada posisi untuk ikut dalam deklarasi tersebut.

BACA JUGA:   Deretan Jejak Kontroversial Evans Shaun yang Pimpin Laga Timnas Vs EUA

“Jadi tidak benar, kalau LAM Riau mau ikut-ikutan acara deklarasi yang akan mereka gelar. Ini sangat bernuansa politis. LAM Riau tidak terlibat dalam urusan politik, kita tetap netral,” kata Syahril.

“Memang mereka menyampaikan akan mengundang kembali Neno Warisman untuk datang di acara deklarasi yang akan mereka gelar. Tapi kita tidak ada keterkaitan dengan acara tersebut,” kata Syahril.

Selaku LAM Riau, kata Syahril, pihaknya hanya berpesan pada semua pihak, untuk tetap menjaga adat dan martabat budaya Melayu Riau.

“Kita ingatkan, semua pihak harus menjaga adat istiadat budaya Melayu. Harus menjaga kerukunan semua pihak, jangan ada gesekan di sana-sini,” kata Syahril.

(cha/rvk)

BACA JUGA:   Selamatan Anies-Sandi, Pemprov Siapkan 6.000 Porsi Makanan Gratis


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Lembaga Adat Melayu Riau Bantah Ikut Deklarasi #2019GantiPresiden