MA Ringankan Masa Pencabutan Hak Politik Eks Sekjen NasDem

Posted on





Jakarta
Mahkamah Agung (MA) mengabulkan PK eks Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella dengan meringankan hukuman masa pencabutan hak politik. Adapun pidana pokoknya tidak berubah yaitu Rio tetap sebagai dihukum koruptor.

“Hukuman tetap. Pencabutan hak politiknya disesuaikan dengan kesalahannya,” kata jubir MA, hakim agung Suhadi kepada detikcom, Jumat (31/8/2018).

Menurut Suhadi, pencabutan hak politik disesuaikan dengan kesalahannya. Di tingkat kasasi, Rio dicabut hak politiknya selama 5 tahun. Tapi melihat kadar kesalahannya, pencabutan hak politik Rio diturunkan.

BACA JUGA:   Pantas Saja Banyak Orang Doyan Makanan Pedas, Ternyata Ini Alasannya!

“Pencabutan hak politik menjadi 3 tahun,” ujar Suhadi.
Pertimbangannya yaitu Rio hanya menerima grativikasi Rp 200 juta. Uang Rp 50 juta ia berikan ke yang memberi. Sisanya yaitu Rp 150 juta dikembalikan Rio ke negara.

“Jadi disesuaikan dengan kadar kesalahannya,” ucap Suhadi.

Vonis itu diketok oleh ketua majelis Surya Jaya dengan anggota LL Hutagalung dan Suhadi. Vonis itu diketok pada 13 Agustus 2018.

BACA JUGA:   Balai Besar Taman Nasional Bromo Benarkan Gunung Semeru Alami Erupsi

Sebagaimana diketahui, Rio menerima gratifikasi terkait proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara oleh kejaksaan. Dalam kasus ini, Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, diduga memberi uang Rp 200 juta kepada Rio.

(asp/rvk)


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

BACA JUGA:   Sambutan Hangat Bagi Ustaz Somad

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: MA Ringankan Masa Pencabutan Hak Politik Eks Sekjen NasDem