Marhaban Ya Ramadhan Artinya Apa? Kalimat yang Sering Jadi Ucapan Menyambut Puasa


SEARCH DISINI :

Suara.com – Beberapa hari lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Salah satu ciri khas datangnya bulan Ramadan adalah memberikan ucapan ‘Marhaban ya Ramadhan’ ke sesama umat Islam lainnya. Lalu Marhaban Ya Ramadhan artinya apa?

Marhaban ya Ramadhan adalah kalimat yang sering dipakai untuk ucapan menyambut Ramadhan. Lantas apa arti Marhaban ya Ramadan ini? Simak ulasannya berikut ini.

Read More

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa karena Allah SWT menurunkan kitab suci Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW saat berada di gua Hira.

Selain turunnya Al-Quran, adanya malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan yang menjadi waktu yang sangat tepat untuk beribadah untuk mendapatkan pahala. Datangnya bulan Ramadan ini membuat umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah mereka.

Baca Juga:
10 Ucapan Selamat Ramadhan 2023 Bisa Dikirim Via Media Sosial

Hal ini sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW mengenai keutamaan beribadah saat bulan puasa untuk menghapus dosa dan menambah pahala. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Arti Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan adalah sebuah ungkapan untuk menyambut sesuatu. Marhaban merupakan salam dalam bahasa Arab yang berarti selamat datang.

Kata ‘Ramadhan’ mengacu pada bulan suci dalan kalender Hijriah yang dipercaya sebagai bulan Allah SWT menurunkan Al-Quran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW. 

Dalam bahasa Arab, marhaban merupakan bagian dari kata ‘rahb’ yang artinya ‘luas atau lapang’ sehinga kata Marhaban ya Ramadan menjadi bentuk kelapangan dalam menerima dan menyambut datangnya bulan Ramadan.

Baca Juga:
Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih Beserta Artinya

Jadi, Marhaban ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bulan Ramadan yang menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Itulah alasan mengapa banyak orang yang mengucapkan Marhaban ya Ramadhan ketika bulan suci Ramadan tiba. Hal ini merupakan bentuk suka cita dan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan.

Demikian ulasan singkat Marhaban ya Ramadhan artinya apa yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1444 H!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts