Mereka yang Ada di Bursa Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf

Posted on




Jakarta
Parpol koalisi Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin hingga saat ini belum menentukan ketua tim sukses. Belakangan, sederet nama mulai dari pengusaha hingga menteri di Kabinet Kerja muncul sebagai calon ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Jokowi memang tengah mempertimbangkan tokoh dari kalangan muda untuk menjadi ketua TKN. Dua nama yang dinilai mewakili generasi muda di antaranya Najwa Shihab dan Erick Thohir.

“Salah satunya itu. Dua nama itu (Najwa dan Erick) yang coba diperbincangkan,” ujar Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq di Kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).


Menurut Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kritiyanto, nama Erick Thohir difavoritkan untuk menjadi ketua TKN. Hal ini berdasarkan survei yang ada.

“Ya itu aspirasi berdasarkan survei, itu hal-hal wajar di demokrasi itulah seninya,” kata Hasto kepada wartawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/8). Hasto menjawab soal kabar Erick Thohir jadi ketua timses Jokowi-Ma’ruf.

Meski namanya santer disebut jadi ketua TKN, namun Erick Thohir mengaku belum mendapat tawaran untuk menempati posisi itu. “Saya belum ada hal itu,” kata Erick usai rapat penutupan Asian Games 2018 di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8).

BACA JUGA:   Ma'ruf Amin akan Gaet Suara Santri Milenial

Erick yang merupakan Ketua Inasgoc mengaku masih fokus untuk Asian Games. Dia tak menanggapi lebih jauh soal wacana dirinya masuk tim sukses Jokowi-Ma’ruf.

“Satu, saya fokus Asian Games. Masih empat hari. Kita harus fokus, jangan sampai ketika kita capai, euforia senang, (kemudian) lengah,” ujarnya.

Nama Erick untuk menjadi ketua TKN juga disodorkan Relawan Garda Nasional untuk Rakyat (GNR). Erick dinilai mampu menjadi magnet bagi pemilih milenial. Apalagi Erick sebagai Ketum Inasgoc dalam gelaran Asian Games telah menunjukkan kemampuan menggaet relawan yang didominasi anak-anak muda. Ada sekitar 15 ribu relawan untuk membantu pre-event dan main event Asian Games 2018.

Selain Erick, GNR juga menyodorkon nama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi Karya dinilai sukses sebagai Menteri Perhubungan. Sebagai orang profesional, Budi Karya diyakini paham betul cara bekerja untuk bangsa dan negara.

“Budi Karya profesional yang tak kenal lelah dalam bekerja. Dia sosok menteri yang sukses mengangkat citra positif bagi Kabinet Kerja Jokowi-JK saat ini,” kata Presidium GNR Dedy Arianto kepada wartawan, Kamis (30/8).

BACA JUGA:   'Captain Marvel' Awali Superhero Perempuan di MCU

Jauh sebelum nama Najwa, Erick, dan Budi masuk ke bursa calon ketua TKN, nama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga pernah dicalonkan jadi ketua Timses Jokowi-Ma’ruf. Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengungkapkan, Jokowi sempat meminta langsung ke JK untuk menjadi ketua timses. Namun tawaran Jokowi tersebut ditolak JK karena ingin berkonsentrasi di pemerintahan saat Jokowi sibuk di aktivitas kampanye.

“Pak Jokowi di sini kan mintanya ketua tim sukses, setelah berbicara dengan Ibu Mega dan lain-lain, Pak JK memberitahukan bahwa secara teknis kan susah kalau dua-dua. Itu pemerintahan siapa yang jalankan,” ujar Sofjan di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/8).

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo juga sempat diisukan menjadi Ketua TKN. Namun nama Gatot tak pernah dibahas untuk menduduki posisi ketua timses tersebut.

“Pak Gatot sampai sekarang saya tidak melihat bahwa apakah beliau akan menjadi bagian tim kampanye atau tidak. Tetapi dalam pembahasan di koalisi tidak pernah ada dalam pembahasan,” kata Wakil Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Ahmad Rofiq di Kantor DPP Partai Perindo, Minggu (26/8).

BACA JUGA:   Kakanwil Kemenkum DKI Klaim Tak Ada Sel Mewah di Lapas

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf terkait sosok yang akan menjadi ketua TKN. Namun sosok tersebut dipastikan harus memiliki hubungan baik dengan Jokowi.

“Ketua TKN akan disampaikan ke publik insyaallah selepas Asian Games,” ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding, dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (28/8).

(nvl/yas)


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Mereka yang Ada di Bursa Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf