Neno Pakai Mik, Awak Kabin Lion Air Terancam Hukuman

Posted on





Jakarta
Aksi Neno Warisman yang berbicara memakai mikrofon pesawat (public address system/PAS) juga berdampak ke pilot, kopilot, dan awak kabin Lion Air JT-297 rute Pekanbaru-Jakarta. 7 orang yang terdiri dari pilot, kopilot, 1 pramugara, dan 4 pramugari kini terancam hukuman.

Ketujuh awak kabin tersebut hingga saat ini masih diperiksa secara internal oleh Lion Air. Pilot dan awak kabin pesawat itu akan diberi pendidikan ulang bila terbukti melanggar prosedur.

“Nanti kalau memang tidak ada kepahaman soal prosedur, kepatuhan, ini akan dilatih lagi, dimasukin kelas lagi,” kata Managing Director Lion Air Group Captain Daniel Putut di Lion Air Tower, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).

BACA JUGA:   Polda Banten: Perwira Polair Terlibat Pungli, Tapi Tak di-OTT


Pemeriksaan internal terhadap ketujuh orang tersebut akan memakan waktu selama kurang lebih dua minggu. Daniel mengungkapkan, selama pemeriksaan pilot dan awak kabin diberi sanksi grounded atau tidak boleh terbang.

“Kami berikan sanksi di-grounded bukan dalam tanda kutip sanksi hukum, tapi di darat dulu untuk tidak terbang beberapa lama untuk melewati berbagai proses pemeriksaan. Ini lagi dilakukan intens oleh kami,” tuturnya.

Meski demikian, Daniel belum menjelaskan secara terperinci soal proses pemeriksaan internal tersebut. Dia juga enggan berspekulasi terkait sanksi lanjutan hingga ancaman pemecatan terhadap pilot dan awak kabin pesawat tersebut.

“Belum sampai ke sana (pemecatan). Ini masih pemeriksaan dan sedang berlangsung. Mungkin hasil lengkapnya kalau sudah selesai kita sampaikan,” tuturnya.

BACA JUGA:   Setelah Konser dan Keluarkan Album, Syahrini Ingin Nikah Tahun Ini

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyatakan tindakan Neno menggunakan PAS menyalahi aturan. Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kemenhub M Pramintohadi Sukarno memerintahkan jajarannya menyelidiki dan menindak tegas pelanggar aturan penerbangan sipil, penggunaan PAS, salah satunya.
Pramintohadi menyebut aksi Neno menggunakan PAS di pesawat Lion Air JT-297 sebagai tindakan yang salah. Tidak hanya Neno, pilot in command (PIC) dan awak kabin (cabin crew) juga melakukan kesalahan karena PAS dipakai penumpang.

“Terhadap PIC dan cabin crew akan dilakukan tindakan tegas,” tegas Pramintohadi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/8).

Pramintohadi menjelaskan PAS hanya dapat digunakan awak kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang. Sesuai dengan SOP Lion Air, PAS tidak boleh dipakai penumpang untuk menyampaikan informasi yang tidak terkait dengan operasi penerbangan.

(nvl/yas)

BACA JUGA:   Alasan Inul Daratista Tak Santap Masakan Daging di Hari Raya Idul Adha


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Neno Pakai Mik, Awak Kabin Lion Air Terancam Hukuman