PAN: Isu Mahar Rp 1 T Hanya Gosip Kosong

Posted on




Jakarta
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan laporan dugaan mahar Rp 1 triliun Sandiaga Uno ke PAN-PKS tidak dapat dibuktikan. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan memang faktanya tak ada mahar.

“Memang faktanya seperti itu. Sama sekali tidak ada uang mahar atau uang apapun yang diberikan Sandi Uno ke PAN atau Ketum dan pimpinan PAN yang lain,” ujar Dradjad kepada detikcom Jumat (31/8/2018).

Dradjad menyebut isu mahar yang dilontarkan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief itu hanya omong kosong. Tudingan itu menjadi ramai karena faktor buruk sangka.

BACA JUGA:   Adu Kecantikan Wulan Guritno vs Shaloom Razade, Lihat Gaya Kompak Ibu dan Anak Ini

“Isu ini hanya gosip kosong, yang lalu jadi ramai karena faktor buruk sangka. Seandainya ada yang masih berburuk sangka terhadap keputusan Bawaslu, silakan saja cek transaksi di pasar modal atau bank,” katanya.

Dradjad meminta pihak berwenang untuk mengecek transaksi keuangan Sandiaga atau pihak terkait. Dengan demikian, akan dapat terdeteksi ada-tidaknya transaksi keluar maupun masuk.

“Sandi kan orang keuangan, asetnya kebanyakan dalam bentuk surat berharga atau simpanan bank. Jika dia memberi mahar sampai ratusan milyar, pasti dia harus melikuidasi sebagian asetnya. Langkah itu pasti mudah dideteksi oleh BI dan OJK. Nyatanya kan tidak ada,” tutur Dradjad.

BACA JUGA:   Di Posko Prabowo-Sandiaga, Dijual Atribut 2019 Ganti Presiden

“Saya pernah menjadi komisaris bank BUMN, mengajar manajemen keuangan internasional dan sering memberi materi perbankan atau keuangan termasuk manajemen risiko. Jadi insyaallah lumayan paham urusan ini,” lanjutnya.

Bawaslu memutuskan dugaan mahar tak dapat dibuktikan karena mereka tidak bisa mendapat keterangan dari Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief selaku saksi kunci. Andi Arief menyebut Bawaslu pemalas.

Andi menduga Bawaslu tak serius mengungkap dugaan politik uang tersebut. Padahal, kata Andi, Bawaslu bisa terbang ke Lampung demi mendengarkan keterangan darinya.

BACA JUGA:   Ada Abu Vulkanik dari Gunung Semeru, Garuda Alihkan Rute Pesawat

“Kalau serius kan bisa kirim dua atau tiga komisioner ke Lampung,” kritik Andi Arief kepada detikcom, Jumat (31/8).

(mae/idh)


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: PAN: Isu Mahar Rp 1 T Hanya Gosip Kosong