Pengacara: Meliana Korban Main Hakim Sendiri

Posted on




Jakarta
Pengacara Meliana, Ranto Sibarani menilai kliennya merupakan korban masyarakat yang main hakim sendiri karena warga salah menafsirkan informasi. Warga menerima informasi yang tidak benar beredar di masyarakat.

Kasus ini bermula Meliana sedang berbincang dengan ibu-ibu di warung yang curhat suara volume masjid kini keras. Namun curhatan itu disampaikan ke beberapa pihak dan salah diartikan.

“Tidak bisa main hakim sendiri, vonis Meliana 1,5 tahun, ke depan akan terbiasa masyarakat akan main hakim sendiri dari informasi yang tidak pasti,” ucap Ranto saat diskusi kasus Meliana di Kekini, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

BACA JUGA:   3 Kekuatan Erick Thohir untuk Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin

Setelah tersebar informasi, Ranto menyebutkan sejumlah massa warga Tanjung Balai menghampiri rumah Meliana dengan nada ancaman bakar dan bunuh. Padahal massa tersebut hanya menerima informasi yang beredar dan belum benar.

“Ada satu saksi pelaku kebakaran sudah dihukum. Menariknya mereka ini ditelepon seseorang ada orang informasi ini dan melakukan aksi, ada aktor intelektual dalam kasus ini,” ucap Ranto.

Selain itu, Ranto menyakini tidak ada alat bukti rekaman atau video Meliana yang dianggap menodakan agama. Kasus ini hanya dugaan yang katanya dari informasi beredar.

BACA JUGA:   Kode-kode Rahasia di Sidang Zumi Zola

“Objek apa yang dituduhkan kalau hanya karena katanya-katanya pernyataan orang lain kami berharap gimana dibebaskan tidak ada bukti sama sekali tidak ada rekaman video tidak ada rekaman suara dan kalau hanya katanya-katanya. Saya dengar dia bilang begini, saya dengar dia bilang begitu ini bisa menambah namanya kalimat ya ntar catat,” jelas dia.

Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumut, menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara kepada Meiliana. Meiliana dinilai melakukan penistaan agama sesuai Pasal 165 KUHP karena mengeluhkan volume azan. Saat ini Meliana sedang mengajukan banding atas vonis itu.

BACA JUGA:   Dada Kena Setir saat Kecelakaan, Al Ghazali Rawat Jalan

(fai/rvk)


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 57
})

–>

Let’s block ads! (Why?)


Source: Pengacara: Meliana Korban Main Hakim Sendiri