Seniman Indonesia dan Inggris Bangun Karya Instalasi di Liverpool

Posted on

Jakarta – Empat seniman Indonesia akan berkolaborasi bersama seniman Inggris untuk menciptakan karya seni instalasi interaktif terkait ruang. Karya seni yang dibangun sebagai bagian dari UK/ID 2016-2018 itu berada di penampungan air kota Liverpool, Inggris.

Mengusung nama ‘Aurora’, instalasinya dibuat khusus sebagai respons terhadap ruang. Aurora sendiri merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian perayaan 10 tahun Liverpool menjadi European Capital of Culture.

Ke-4 seniman Indonesia yang berpartisipasi adalah Abshar Platisza, Bagus A. Pandega, Etza Meisyara, Digital Nativ oleh Miebi Sikoki dan Rudy Nurhadi. Sedangkan seniman dari Inggris adalah Invisible Flock yang berasal dari Leeds.

BACA JUGA:   Teori Kim Kardashian Adalah Sosok Kiki di 'In My Feelings' Drake

Direktur Seni dan Industri Kreatif British Council Indonesia, Adam Pushkin mengatakan, ‘Aurora’ merupakan sebuah wadah kreatif bagi para seniman dengan latar belakang budaya yang berbeda.

“Mereka berkreasi dan menanggapi situasi sekitarnya lewat seni. Kami harap cerita kolaborasi ini dapat menginspirasi terbukanya lebih banyak kesempatan kolaborasi antara seniman – seniman Indonesia dan Inggris,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Rabu (29/8/2018).

Seniman Indonesia dan Inggris Bangun Karya Instalasi di LiverpoolSeniman Indonesia dan Inggris Bangun Karya Instalasi di Liverpool Foto: Brian Roberts/ British Council

Para seniman berangkat ke Liverpool pada 25 Agustus dan karya instalasi ‘Aurora’ bakal resmi dibuka publik 21 September mendatang. Karyanya bisa dinikmati hingga 7 Oktober di Liverpool.

BACA JUGA:   Bentrok Ormas Meluas hingga ke Gandaria City

Salah seorang seniman Miebi Sikoki mengatakan lewat program UK/ID ini semoga membuka kesempatan yang lebih luas untuk seniman Indonesia berkreasi secara kreatif. “Salah satunya melalui proyek ini, kami berkesempatan untuk membangun sebuah instalasi seni dengan merespons sebuah ruang dengan mengangkat isu sosial seperti meningkatkan kesadaran masyarakat tentang esensi air yang kerap kali terlupakan,” ujar Miebi Sikoki.

Melalui karya seni instalasi tersebut, para pengunjung akan memasuki area Toxteth Reservoir dan mengitari instalasi yang disuguhkan secara interaktif sehingga pengunjung akan mendengar, melihat, dan merasakan sebuah karya seni melalui gabungan teknologi interaktif, soundscapes, cahaya, serta ukiran es yang indah sekaligus menegangkan.

BACA JUGA:   Pecat Segera PNS Korup!

(tia/tia)

Photo Gallery

1

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20



Let’s block ads! (Why?)


Source: Seniman Indonesia dan Inggris Bangun Karya Instalasi di Liverpool