Sri Mulyani Bongkar Praktik Ilegal, Negara Rugi Ratusan Miliar

Posted on

TOPIKTREND.COM, Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bersama Kejaksaan Agung dan Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) berhasil membongkar modus perusahaan yang merugikan keuangan negara hingga miliaran rupiah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah berhasil membongkar modus penyelewengan fasilitas kepabeanan yang dilakukan oleh PT SPL, yang merupakan salah satu penerima fasilitas kawasan berikat.

BACA JUGA:   Kantornya Didemo, Demokrat Bahas Posisi Roy Suryo di DPP

PT SPL dipastikan menyalahgunakan kewenangan mengenai penangguhan bea masuk atas bahan yang impor untuk diolah di dalam negeri dan kemudian diekspor kembali.

“Sesuai arahan presiden, kita diminta mengamankan industri dalam negeri, yang menciptakan kompetesi tidak seimbang dan tidak adil, kita juga memberantas barang ilegal, dan menertibkan importir barang,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

BACA JUGA:   Banyak Artis Bunuh Diri, Beginilah Sisi Kelam Dunia Hiburan K-Pop

Sri Mulyani menyebutkan, pencegahan telah dilakukan pada Juni 2016 kepada perusahaan yang berbisnis di sektor tekstil ini. Pelanggaran yang dilakukan PT SPL ini karena memanfaatkan celah dari kebijakan dan fasilitas yang diberikan kepada perusahaan di kawasan berikat. Seperti penangguhan bea masuk asalkan produk impor diproduksi lalu diekspor kembali.

“PT SPL ini mengaku ekspor 5 kontainer yang berisi 4038 roll, namun ternyata

BACA JUGA:   Sedan Terbalik di Cinere

Baca halaman selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *