10 Temuan Baru dan Misteri Umur Bumi Sejak Hari Bumi Terakhir Selamat Hari Bumi Sedunia 2021

10 Temuan Baru dan Misteri Umur Bumi Sejak Hari Bumi Terakhir Selamat Hari Bumi Sedunia 2021
10 Temuan Baru dan Misteri Umur Bumi Sejak Hari Bumi Terakhir Selamat Hari Bumi Sedunia 2021

SEARCH DISINI :

TOPIKTREND.COM, 10 Temuan Baru dan Misteri Umur Bumi Sejak Hari Bumi Terakhir Selamat Hari Bumi Sedunia 2021 – Setiap 22 April diperingati sebagai hari bumi. Peringatan Hari Bumi merupakan bentuk apresiasi lingkungan terhadap planet ini.

Hari Bumi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran manusia tentang kelestarian alam.

Read More

Hari Bumi lahir dari gerakan akar rumput dari para aktivis lingkungan.

Namun tahukah kamu berapa usia bumi saat ini ?

Disadur dari kompas.com yang melansir Space.com, Rabu 15 Januari 2020, segala upaya dilakukan para ilmuwan di dunia untuk mencari tahu usia planet ini dengan mendata batu-batu di lapisan kerak Bumi.

Bahkan, penelitian batuan tidak hanya menyeluruh di permukaan Bumi, tetapi juga sampai di bulan dan meteorit yang jatuh di planet ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk memprediksi umur Bumi, seperti melihat perubahan permukaan laut, waktu yang dibutuhkan Bumi atau matahari untuk mendinginkan suhu hingga kadar garam di laut.

Namun, dengan teknologi yang berkembang saat ini, maka metode itu terbukti tidak dapat diandalkan.

Memasuki awal abad ke 20, para ilmuwan menyempurnakan proses penanggalan radiometrik.

Metode ini dilakukan untuk melihat usia batu.

Batuan tertua di Bumi yang ditemukan hingga saat ini adalah Acasta yang berusia 4,03 miliar tahun, di barat Kanada dekat Great Slave Lake.

Penelitian pada batu-batuan kuno, tidak cukup. Sebab, batu-batu yang sudah berumur lebih dari 3,5 miliar tahun juga dapat ditemukan di hampir semua benua.

Untuk menyempurnakan usia Bumi , para ilmuwan mulai melihat faktor lain yakni dengan mempelajari benda-benda lain di tata surya.

Para ilmuwan dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah awal planet ini.

Lantas, berapa umur planet yang kita tinggali ini?

Melalui berbagai informasi, metode dan objek penelitian, para ilmuwan dapat menyimpulkan usia Bumi sekitar 4,54 miliar tahun, dengan rentang kesalahan 50 juta tahun.

Sebagai perbandingan, galaksi Bimasakti yang berisi tata surya sekitar 13,2 miliar tahun, sementara alam semesta telah berusia 13,8 miliar tahun.

Penemuan di Hari Bumi

Disadur dari vox.com, pada peringatan 50 tahun Hari Bumi, dunia mulai menghadapi isolasi karantina dan perlambatan ekonomi dan perjalanan yang menentukan gelombang pertama pandemi Covid-19.

Bahkan sekarang, dengan diluncurkannya vaksin, virus terus mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Dan jumlah korban terus bertambah: 3 juta meninggal dan lebih dari 140 juta kasus di seluruh dunia.

Kalaupun ada, krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam satu abad telah membawa pemahaman kita tentang planet kita, dan tempat kita di jaringan kehidupan yang rapuh namun tangguh di sepanjang itu, menjadi sangat lega.

Di tengah begitu banyak kesedihan dan kehilangan serta ketidakpastian, krisis keanekaragaman hayati terus berlangsung selama setahun terakhir, menjadi tema yang jauh lebih besar di panggung dunia.

Krisis iklim juga semakin memburuk. Kebakaran hutan berkobar. Ekosistem menjadi lebih rusak dari sebelumnya.

Pada saat yang sama, berkurangnya aktivitas manusia yang dipicu oleh pandemi yang oleh beberapa ahli disebut sebagai “Antropause” – telah memberikan kesempatan kepada para ilmuwan dan peneliti untuk mengamati alam dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Bertepatan dengan jendela pengamatan yang unik ini telah terjadi peningkatan perhatian pada pengetahuan Pribumi dan pengelolaan lahan sebagai cara maju dalam memerangi bencana ekologi.

Dalam tradisi Vox yang sebenarnya, berikut adalah 10 hal yang paling memprihatinkan, menarik, dan – berani kami katakan – hal-hal penuh harapan yang telah kita pelajari tentang planet kita sejak Hari Bumi terakhir .

1) Kami melihat seberapa cepat polusi suara laut dapat turun, dan seberapa besar hal itu dapat membantu kehidupan laut

Untuk sesaat di musim semi yang lalu, lautan menjadi sangat sunyi.

Penurunan aktivitas manusia yang menyertai pandemi mengakibatkan pengurangan suara yang drastis dan sukarela yang meliputi keseluruhan bawah air: dari penurunan kebisingan kapal, sumber utama polusi suara laut buatan , hingga penurunan rekreasi dan pariwisata. Semuanya tiba-tiba berhenti.

Di Taman Nasional Teluk Gletser Alaska, tempat mencari makan paus bungkuk, suara bawah air paling keras Mei lalu kurang dari setengah sekeras Mei 2018, menurut analisis Universitas Cornell.

Sebuah makalah Mei 2020 di Journal of Acoustical Society of America menemukan bahwa kebisingan bawah air di lepas pantai Vancouver setengah sekeras suara paling keras yang tercatat di bulan-bulan sebelum perlambatan lalu lintas pengiriman di bulan April.

Kebisingan laut bawah laut yang kronis telah meningkat selama beberapa dekade terakhir, sehingga merugikan kehidupan laut yang telah berevolusi menggunakan suara untuk menavigasi dunianya.

“Ada bukti jelas bahwa kebisingan mengganggu kemampuan pendengaran dan menyebabkan perubahan fisiologis dan perilaku pada hewan laut,” demikian bunyi penilaian penelitian polusi suara laut yang diterbitkan dalam jurnal Science pada Februari.

Mayoritas pencemaran suara laut merupakan produk sampingan dari kegiatan ekonomi. Namun dibandingkan dengan masalah yang sangat kompleks seperti perubahan iklim, kebisingan relatif mudah untuk diredam, setidaknya sedikit.

Membungkamnya di sumbernya memiliki dampak positif langsung: Terkenal, para peneliti yang mempelajari paus sikat di Pantai Timur mengukur penurunan hormon stres hewan setelah serangan 9/11, setelah lalu lintas pengiriman tiba-tiba turun.

Bahkan larva ikan kecil pun lebih mampu menemukan terumbu karang tempat mereka dilahirkan, yang mengeluarkan suara dengan sendirinya, ketika lautan menjadi tenang.

Kebisingan laut buatan manusia sejak itu meningkat kembali dan sekarang stabil mendekati tingkat pra-pandemi.

Tapi diam cukup lama pada Maret, April, dan Mei lalu ketika tim ilmuwan global secara aktif memeriksa rekaman audio yang dikumpulkan oleh sekitar 230 hidrofon non-militer – mikrofon bawah air – yang memantau kebisingan laut di seluruh dunia.

Mereka bertujuan untuk mempelajari “tahun lautan yang tenang” dalam konteks suara lautan sebelum, selama, dan setelah pandemi.

2) Sebuah studi baru menemukan bahwa Amazon kemungkinan besar memanaskan – bukan mendinginkan – planet ini

Buka halaman selanjutnya:


SEARCH DISINI :

Related posts