Ikan Duyun Sering Muncul di Perairan Kaltim

Posted on

TOPIKTREND.COM — DIDAPUK sebagai salah satu dari 35 spesies mamalia laut di Indonesia, dugong atau sering disebut ikan duyung hingga kini juga masih memiliki habitat di wilayah perairan Kalimantan Timur. Satwa yang berkerabat dekat secara genetis dengan gajah ini merupakan satu-satunya mamalia ordo Sirenia yang tinggal di laut.

“Dugong dapat ditemukan di perairan dangkal sekitaran Samudra Hindia dan Pasifik. Untuk wilayah Kaltim, memang belum ada penelitian khusus yang dilakukan WWF Indonesia akan hal itu. Berapa jumlah Dugong di Kaltim pun masih belum diketahui. Tetapi, berdasarkan daerah konsumsi makanan, Dugong diyakini masih ada di kawasan perairan Berau, Kepulauan Derawan,” ujar Dwi Suprapti, National Marine Species Conservation Coordinator WWF Indonesia.

BACA JUGA:   Efek Selalu Ditanya Kapan Kawin?, Nunur Bunuh Tetangganya

Makanan utama Dugong, yakni lamun. Lamun berbeda dengan rumput laut (seaweed) merupakan tanaman makro alga yang hidup di laut yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati dan pada umummnya hidup di dasar perairan.

Sementara Lamun, adalah tanaman yang hidup dilaut dan tidak memiliki klorofil. Lamun merupakan kompetitor bagi rumput laut, dan biasanya tumbuh di daerah dekat pantai. Lamun inilah yang menjadi makanan Dugong.

BACA JUGA:   #RIPJupe, Pesan Menyentuh Julia Peres Untuk Para Wartawan

BUKA HALAMAN SELANJUTNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *