Spesifikasi dan Harga Canon EOS 90D Resolusi 32 MP Dengan Video 4K

0
22

Tahun ini, Canon merilis generasi penerus EOS 80D, yakni EOS 90D. Kamera Canon EOS 90D ini diperkenalkan bersamaan dengan mirrorless EOS M6 Mark II. Bagi anda yang menginginkan fleksibilitas foto dan video, anda sangat disarankan untuk memiliki Canon EOS 90D.

Spesifikasi Canon EOS 90D

Untuk lebih mengenal Canon EOS 90D, ada baiknya anda simak spesifikasinya berikut ini.

Layar

Layar yang diusung kamera Canon EOS 90D cukup mumpuni. Kamera Canon EOS 90D ini dibekali dengan LCD Clear View II yang dipadukan dengan teknologi sentuh. Berkat teknologi tersebut, kamera Canon EOS 90D bisa dioperasikan secara mudah.

Saat anda menerapkan komposisi melalui layar LCD (mode live-view), Canon EOS 90D akan melakukan 384 zona pengukuran di sensor gambarnya. Selain itu, Canon EOS 90D juga didukung dengan engsel fleksibel. Hal ini memudahkan anda dalam memotret pada sudut yang sulit.

Sensor

Kamera Canon EOS 90D ini dilengkapi dengan sensor yang memiliki resolusi besar. Adapun sensor yang dibawa kamera Canon EOS 90D sebesar 32,5 MP. Dengan resolusi yang besar, anda bisa memotret gambar secara jelas dan tajam.

ISO

Resolusi yang dibawanya dipadukan dengan ISO yang tinggi. Kamera Canon EOS 90D memiliki ISO minimal 100 dengan maksimal ISO mencapai 25600. Di dalam kamera Canon EOS 90D ini juga terdapat suatu fitur yang memungkinkan ISOnya meningkat menjadi 51200.

Berkat ISO yang diusungnya, kamera Canon EOS 90D bisa mengambil jepretan foto dengan hasil yang memuaskan meski minim cahaya. Kamera Canon EOS 90D ini pun bisa anda gunakan di luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor).

Dapur Pacu

Untuk performanya, kamera Canon EOS 90D dipersenjatai dengan prosesor Digic 8. Seperti yang diketahui, Digic 8 adalah prosesor eksklusif yang dipersembahkan Canon. Performa Canon EOS 90D semakin tangguh saat dipadukan dengan sensor APS-C CMOS.

Sistem Dual Pixel CMOS AF yang dibawa kamera Canon EOS 90D memiliki 45 titik autofocus cross-type. Dimana teknologi ini mempunyai cakupan 100% vertikal dan 88% horizontal. Dengan demikian, hasilnya akan terlihat semakin profesional.

Rekam Video

Kamera Canon EOS 90D bisa anda gunakan untuk merekam video dengan kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan Canon EOS 90D dibekali dengan resolusi 4K 30p dan Full HD 120p. Anda bisa memanfaatkannya tanpa crop.

Konektivitas

Sektor konektivitas yang dibawa kamera Canon EOS 90D juga lengkap. Sebut saja Wi-Fi, joystick AF, Bluetooth, pemrosesan RAW, lampu blitz pop-up dan masih banyak lainnya.

Fitur

Titik fokus bisa dilakukan Canon EOS 90D secara mudah. Hal ini dikarenakan kamera Canon EOS 90D dibekali dengan fitur yang lengkap. Mulai dari Face Detection AF dan Eye Detection AF.

Tak hanya itu, Canon EOS 90D juga didukung dengan jendela bidik (viewfinder). Ketika anda melakukan komposisi lewat jendela bidik, maka anda akan dibantu RGB+IR 220.000 piksel. Sensor pengukur tersebut bisa melakukan pengukuran hingga 216 zona.

Perlu diketahui, kamera Canon EOS 90D dilengkapi dengan viewfinder optik yang memiliki cakupan besar mencapai 100 persen. Disamping itu, kamera Canon EOS 90D juga mengalami peningkatan sampai dengan 10 fps.

Harga Canon EOS 90D

Dengan dukungan spesifikasi yang berkelas, kamera Canon EOS 90D ditawarkan dengan harga yang bersahabat. Kamera Canon EOS 90D dibanderol dengan harga USD 1.199 atau setara Rp 17 juta per unit. Harga tersebut berlaku untuk body only.

Harga Canon EOS 90D akan berubah apabila anda membelinya lengkap dengan lensanya. Adapun lensa yang kompatibel dengan Canon EOS 90D yaitu lensa kit 18-135mm IS USM dan 18-55mm IS STM.

Untuk harganya, Canon EOS 90D dengan lensa 18-135mm IS USM seharga USD 1.599 atau Rp 23 juta. Sementara Canon EOS 90D yang dibekali lensa 18-55mm IS STM, harganya USD 1.349 atau setara Rp 19 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Canon EOS 90D

Kamera Canon EOS 90D dibekali dengan rana elektronik yang menjadi salah satu keunggulannya. Hal ini dikarenakan rana elektroniknya memiliki kecepatan sampai dengan 1/16000.

Selain itu, kelebihan kamera Canon EOS 90D juga bisa anda tahu dari fitur autofokus dual-pixel. Fitur ini ada dalam tampilan langsung dengan poin sebanyak 5.481. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Perlu untuk anda ketahui, tak sedikit fotografer olahraga, baik itu pemula maupun profesional yang lebih minat terhadap jendela bidik optik gaya DSLR tradisional beserta sistem AF 45 tipe titik yang ada di atas bingkai ekstra. Maka dari itu, jangan lewatkan Canon EOS 90D.

Kamera Canon EOS 90D ini seringkali dibandingkan dengan kamera mirrorless M6 Mark II, mengingat keduanya yang dirilis bersamaan. Jika mirrorless M6 Mark II, kamera ini bisa mengambil jepretan foto sebanyak 14 frame per detik.

Kemampuannya ini juga dipadukan dengan sistem pelacakan AF dan AE. Sementara Canon EOS 90D naik sampai dengan 10 fps. Akan tetapi, hal tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan 80D 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here