Spesifikasi dan Harga Sony A7R IV 61MP Dust & Moisture Resistant

0
35

Sony A7R IV secara resmi diperkenalkan pada 16 Juli 2019 belum lama ini. Sejak pertama kali diperkenalkan, kamera Sony A7R IV ini sudah mencuri perhatian pecinta fotografi karena desainnya yang elegan.

Ditelusuri lebih dalam, kamera yang bertajuk Sony A7R IV ini ternyata dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Harga yang dibawanya pun dinilai sebanding dengan bekalan speknya.

Spesifikasi Sony A7R IV

Diketahui bahwa kamera yang bertajuk Sony A7R IV ini hadir dengan resolusi 61MP full frame. Kemampuannya tersebut dikombinasikan dengan teknologi CMOS sensor yang berkualitas. Hasil jepretannya semakin mengesankan karena juga didukung dengan 15 stop dynamic range dan berteknologi pixel shift multi shooting.

Berkat perpaduan beragam teknologi canggih tersebut, kamera Sony A7R IV bisa membidik gambar dengan resolusi 240MP. Kualitas gambarnya juga jernih dan tajam. Penggunanya benar-benar dimanjakan saat mengoperasikan Sony A7R IV.

Tak hanya bisa digunakan untuk mengambil jepretan foto, kamera Sony A7R IV ini juga dapat anda manfaatkan untuk merekam video. Adapun resolusi rekaman videonya mencapai 4K video S-Log 3 HLG. Kemampuan rekaman videonya semakin mengagumkan karena didukung dengan teknologi real time eye-AF tracking.

Dengan dukungan teknologi tersebut, kemampuan autofocus tracking video Sony A7R IV bisa menjangkau seluruh area APS-C. Diketahui bahwa kamera Sony A7R IV ini memiliki jangkauan sebanyak 567 titik autofokus yang mencakup 74% area.

Di bagian jendela bidiknya, kamera Sony A7R IV juga membawa resolusi sebesar 5.76 juta titik. Kecanggihan kamera Sony A7R IV ini diperkuat dengan adanya crop 26MP dan 10 fps continuous yang memiliki buffer 68 foto.

Lebih dari itu, kamera Sony A7R IV ini juga memiliki ISO dengan rentang 100-32000. Rentang ISO yang dibawanya tersebut masih bisa diperluas menjadi 50-102400. Dengan rentang ISO yang tinggi, Sony A7R IV mendukung beragam format gambar dan video.

Sony A7R IV memang termasuk kamera yang kaya akan fitur dan teknologi. Diketahui bahwa kamera Sony A7R IV ini dibekali dengan 5.5 stop 5 axis stabilization. Tak hanya itu, kamera Sony A7R IV ini juga dibalut dengan dust & moisture resistant yang tangguh.

Adanya dust & moisture resistant memungkinkan kamera Sony A7R IV tak mudah kotor. Kamera Sony A7R IV ini tetap awet digunakan dalam waktu lama karena tak akan tertempel debu ataupun terganggu masalah cuaca. Anda pun tak perlu khawatir jika harus membawa Sony A7R IV di outdoor.

Tak hanya itu, kamera Sony A7R IV juga disematkan fitur UFGA OLED Electric View Finder (EVF) dan kemampuan pemotretan dengan tethered nirkabel. Sementara untuk penyimpannya, Sony A7R IV mempercayakannya kepada dua slot kartu SD UHS-II.

Sektor penyimpanannya yang lega dipadukan dengan sokongan baterai yang tak kalah menguntungkan. Kamera Sony A7R IV ini dibekali dengan baterai yang mendukung sekitar 539 tembakan. Namun jika tanpa EVF, maka baterai Sony A7R IV bisa tahan sampai 670 tembakan.

Harga Sony A7R IV

Dengan spesifikasi yang berkelas, kamera Sony A7R IV bisa anda miliki dengan budget sebesar USD3500. Jika dirupiahkan, maka harga yang dibawa kamera Sony A7R IV tersebut akan setara dengan nilai Rp 50 jutaan per unit.

Keunggulan Sony A7R IV

Kamera terbaru yang bertajuk Sony A7R IV ini memiliki banyak keunggulan yang sebaiknya anda tahu. Adapun salah satu keunggulan Sony A7R IV yaitu kualitas sensor resolusinya yang tinggi. Bahkan sensor yang dibawa kamera Sony A7R IV ini jauh lebih tinggi daripada pesaingnya, seperti Nikon Z7 dan Canon R.

Pasalnya, kamera Nikon Z7 memiliki sensor sebesar 45,7 MP dan Canon R hanya 30,3 MP. Sementara diketahui sensor yang dibawa kamera Sony A7R IV berada jauh di atasnya, yakni 61 MP.

Selain dukungan resolusinya yang tinggi, keunggulan kamera Sony A7R IV juga bisa anda ketahui dari fitur layar sentuhnya. Adanya touchscreen memungkinkan kamera Sony A7R IV bisa digunakan hanya dengan diketuk pada bagian LCD tertentu sesuai dengan keinginan anda saat memotret.

Kelebihan kamera Sony A7R IV selanjutnya yaitu adanya penambahan antarmuka audio digital baru di sektor konektor hot shoe. Dengan teknologi tersebut, anda tentu saja bisa membuat video secara mudah dan cepat.

Pada kamera Sony A7R IV ini juga terdapat sistem fokus otomatis yang dipadukan dengan pelacakan mata khas Sony. Teknologi ini bisa diterapkan untuk manusia dan hewan. Dari sektor ini, terlihat jelas bahwa Sony membuat gebrakan terbaru untuk menyaingi para kompetitornya, seperti Canon dan Nikon.

Kelemahan Sony A7R IV

Selain kelebihan, kamera Sony A7R IV juga memiliki kelemahan. Kekurangan Sony A7R IV bisa anda ketahui dari bobotnya. Jika dibandingkan dengan Nikon Z7, bobot yang dibawa kamera Sony A7R IV memang lebih berat. Kamera Sony A7R IV memiliki bobot 665 gram, sementara Nikon Z7 hanya 585 gram saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here