Menguak Fakta Tentang Pisang Goroho Yang Videonya Sedang Viral

  • Whatsapp
Menguak Fakta Tentang Pisang Goroho Yang Videonya Sedang Viral
Menguak Fakta Tentang Pisang Goroho Yang Videonya Sedang Viral

CARI KUNCI JAWABAN

TOPIKTREND.COM, Halo sahabat mimin yang masih setia, udah beberapa hari ini Pisang Goroho jadi primadona dibanding pisang-pisang lainnya, sebab pisang ini menjadi viral gara-gara video tersebar dimedsos dimana memperlihatkan seorang wanita melakukan perbuatan tak lazim menggunakan pisang goroho, mimin ga mau bicara panjang lebar, mimin rasa sahabat-sahabat mimin udah tahu maksudnya. hehe

Nah, tentunya sahabat semua bertanya-tanya apasih pisang goroho itu? kali ini mimin mau mengulas secara singkat soal apa itu pisang goroho.

Read More

Nah, baca terus ya? biar mimin semangat nulisnya hehe

Pisang Goroho memang tidak sepopuler dengan jenis pisang lainnya seperti pisang raja, pisang ambon, pisang Tanduk dan pisang kapok, tapi gara-gara video yang baru-baru viral, kayaknya pisang goroho bakal menyalib ke populeran pisang lainnya, kok kayak selebrity ya? mau pupoler. hehe

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu pisang goroho

Pisang Goroho adalah jenis pisang lokal yang belum banyak di ketahui warga, namun seiring perkembangan kuliner kini Pisang Goroho menjadi pisang andalah warga Sulawesi Utara.

Pisang Goroho atau Musa acuminata adalah spesies pisang yang berasal dari Asia Tenggara yang merupakan hasil persilangan dengan Musa balbisiana. Musa acuminata adalah tumbuhan yang selalu hijau, namun bukan tergolong pohon. Yang menjadi keunikan adalah karakteristik Pisang Goroho yang memiliki tangkai tinggi dengan delapan sisir pisang serta batangnya yang berukuran lebih kecil. Pisang ini banyak khasiat, salah satunya mampu mengurangi kolesterol bahkan bisa mengobati penderita darah tinggi.

Pisang ini cukup unik dan rasanya beda dengan pisang pada umumnya. Cita rasa Pisang Goroho sangat nikmat jika digoreng tipis, saat matang pun tak kalah enaknya dengan pisang susu. Pisang Goroho kebanyakan diolah dengan cara di goreng tanpa menggunakan tepung, dan cara makannya dengan menggunakan sambal (rica roa). Rica roa merupakan makanan khas warga Manado Sulawesi Utara, yang terbuat dari ikan yang diasap layaknya ikan cakalang fufu. Selain digoreng tipis, Pisang Goroho juga biasanya di goreng tebal, dan di rebus sebelum di hidangkan.

Pisang Goroho Biasanya lebih enak di goreng telanjang dan disajikan Dengan Sambal

Goroho merupakan salah satu jenis pisang Gorontalo. Digoreng saat mengkal tanpa tepung rasanya empuk gurih. Apalagi dicocol sambal sagela. Sedap!

Bukan hanya di Jawa, Gorontalo juga punya beragam jenis pisang. Seperti pisang gapi manis yang bisa langsung dimakan sebagai buah segar. Karena manis dan harum aromanya. Selain itu ada juga pisang yang khusus untuk diolah. Seperti pisang capatu atau sepatu, pisang pagata dan pisang raja serta pisang goroho.

Di antara beragam jenis pisang khas Gorontalo, pisang goroho yang paling populer. Pisang ini termasuk keluarga Musa acuminafe,sp. Seperti jenis pisang pada umumnya, pisang goroho juga ditanam di kebun atau halaman rumah sebagai tanaman kebutuhan sehari-hari.

Berbeda dengan pisang lain yang menunggu masak untuk disantap, pisang goroho umumnya dikonsumsi saat masih mengkal, kulitnya hijau dan teksturnya keras. Jika sudah masak akan lembek dan asam rasanya. Diolah dengan cara digoreng atau dikukus.

Pisang Goroho Digoreng 'Telanjang', Aduh Enaknya!Foto: detikfood

Untuk menggoreng, pisang dikupas kulitnya lalu dipotong membujur agak tebal atau bentuk balok kecil mirip french fries. Kemudian digoreng langsung dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan dan kering.

Jadi pisang goroho cukup digoreng ‘telanjang’ tanpa adonan tepung. Karena teksturnya akan garing renyah di luar dan empuk gurih di dalam. Tak ada rasa manis sama sekali. Karenanya pisang ini enak dicocol dengan sambal sagela atau sambal ikan roa yang pedas menyengat.

Nah, gimana teman-teman, menarikkan informasi ini, share ya? hehe tapi kalo ga di share juga ga apa-apa kok hehe 😀

Related posts