Apa yang Dapat Kamu Simpulkan Dari Bacaan Sumber Energi Panas


SEARCH DISINI :

Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan Sumber Energi Panas di atas, Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 3 4 6 7 8 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa.

Apa yang Dapat Kamu Simpulkan Dari Bacaan Sumber Energi Panas

Read More

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Kata Kunci Pada Setiap Paragraf Bacaan Sumber Energi Panas di buku tematik siswa.

Ayo Membaca
Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.

Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu contoh teks penjelasan tentang sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kamu dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 4

Ayo Menulis

3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!

Jawaban : Setelah membaca bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Ayo Mengamati
Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan?

Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.

Jawaban, buka disini: Kegiatan Alat yang Digunakan Sumber Energi Panas Tema 6 Halaman 6

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 4 tentang Apa yang Dapat Kamu Simpulkan Dari Bacaan Sumber Energi Panas secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts