Resmi Jadi Masjid Lagi, Suara Azan Kembali Berkumandang di Museum Hagia Sophia Turki

  • Whatsapp
Resmi Jadi Masjid Lagi, Suara Azan Kembali Berkumandang di Museum Hagia Sophia Turki
Resmi Jadi Masjid Lagi, Suara Azan Kembali Berkumandang di Museum Hagia Sophia Turki

TOPIKTREND. Hai sahabat topiktrend, ada info menarik nih yang mau mimin ceritakan kepada teman-teman semua, kali ini infonya datang dari dataran Turki dimana sebuah Museum peninggalan Kesultanan Ottoman Turki kini diubah kembali jadi Masjid.

Nama Museum itu adalah Hagia Shopia, awalnya Museum ini adalah Katedral dimasa Kekaisaran Bizantium, saat Kekaisaran itu jatuh di tangan Kesultanan Ottoman, Katedral tesebut diubah jadi Masjid.

Read More

Setelah Kesultanan Ottoman runtuh pasca Perang Dunia maka Masjid yang berada dibawah Kesultanan Ottoman tersebut di ubah jadi Musseum oleh Pemerintahan Sekuler era Mustafa Kemal Attaturk.

Mulai saat itu semua diberikan akses kesana, mau dari kalangan apapun, namun Presiden Turki sekarang Recep Tayyib Erdogan pada 10 juli 2020 secara resmi mengumumkan bahwa Museum tersebur menjadi Masjid kembali, dan saat itulah azan pertama kali berkumandang setelah satu abad terhenti.

Keputusan ini menuai reaksi keras dari Amerika Serikat dan Yunani, mereka menentang keputusan Presiden Turki yang katanya kontroversial tersebut, mereka menganggap itu sebagai sikap Provokasi.

Namun apapun kata mereka, bagi seorang Muslim, kita patut berbangga atas keputusan Presiden Turki, sepertinya ia tidak mengindahkan tekanan sebab Turki adalah Negara berdaulat yang tidak bisa di intervensi oleh negara manapun di dunia ini.

Show, mau setuju ataupun tidak, inilah kenyataan, kemungkinan besar Turki mulai melihat kebangkitan Dunia Islam sehingga dia nekat mengambil keputusan demikian.

Bagaimana menurut anda?

Related posts