Jawaban Apakah yang Dimaksud dengan Jaring-Jaring Makanan Tema 5 Kelas 5


SEARCH DISINI :

Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 103 104 105 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Apakah yang Dimaksud dengan Jaring-Jaring Makanan

Read More

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Peta Pikiran Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan pada halaman 103 pembelajaran 1.

Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun mampu membuat makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut produsen.

Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Mereka mendapatkan energi dari makanan yang merekamakan. Makhluk hidup yang memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.

Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai makanan. Rantai makanan adalah hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain.

Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 105

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?

Jawaban : Jaring-jaring makanan merupakan hubungan dari beberapa siklus rantai makanan pada suatu ekosistem.

2. Apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem?
3. Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?

Jawaban, buka disini: Apa Fungsi Jaring-Jaring Makanan di dalam Sebuah Ekosistem

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 105 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts