Jawaban Bagaimana Ukuran Es Batu Pada Ketiga Wadah Tersebut Tema 6 Halaman 8


SEARCH DISINI :

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut, Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 3 4 6 7 8 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Kegiatan Alat yang Digunakan Sumber Energi Panas Tema 6 Halaman 6 di buku tematik siswa.

Read More

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 8

Ayo Mencoba

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.

Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.

Langkah-langkah:
1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.

Perhatikanlah gambar berikut ini!

Bagaimana Ukuran Es Batu Pada Ketiga Wadah Tersebut Tema 6 Halaman 8

1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu!

Jawaban :

1. Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama.

2. Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.

3. Karena es batu yang diletakkan diluar kelas akan terkena sinar matahari sehinggan cepat mencair. Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es berubah menjadi air.

4. Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 8. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 1 Suhu dan Kalor di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts