Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 11 Kurikulum Merdeka Mengapa Kita Bisa Melihat Benda


SEARCH DISINI :

Kunci jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 11 Kurikulum Merdeka Belajar SD MI, tentang Mengapa kita bisa melihat benda? Bagaimana cara mata kita bekerja? Tepatnya pada buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial BAB 1 “Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi”, Topik B: Melihat karena Cahaya.

Pada halaman 11 buku IPAS Kelas 5, merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Bagaimana perasaan kalian setelah mencoba menjadi ilmuwan pada halaman 8. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Read More

IPAS Kelas 5 Halaman 11 Kurikulum Merdeka

Topik B: Melihat karena Cahaya

Pertanyaan Esensial
1. Mengapa kita bisa melihat benda?

Jawab: Kita bisa melihat benda karena adanya cahaya yang dipantulkan benda tersebut ke mata. Jika tidak ada cahaya yang dipantulkan oleh benda, maka mata tidak bisa melihat benda tersebut.

2. Bagaimana cara mata kita bekerja?

Jawab: buka DISINI.

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 11 Kurikulum Merdeka Mengapa Kita Bisa Melihat Benda

Aga, Mia, Dara, Ian, dan Banu sedang bermain di halaman sekolah. Mata Aga ditutup kain dan dia harus mencari teman-temannya. Aga tidak bisa melihat karena gelap. Sebenarnya, bagaimana mata kita bisa melihat? Mengapa jika gelap kita tidak bisa melihat? Yuk, kita pelajari bagaimana mata bisa melihat benda!

Mari Mencoba

Aku dan Mataku

Alat dan bahan:
1. cermin 1 buah;
2. lembar kerja yang telah disiapkan guru.

Langkah percobaan:
1. Amati mata kalian dalam cermin. Bagian apa saja di mata yang tampak? Apakah kalian mengetahui namanya? Tuliskan apa yang kalian ketahui pada lembar kerja yang telah dibagikan guru kalian.

2. Manakah bagian yang menurut kalian berfungsi untuk melindungi mata? Coba buatlah prediksi dan tuliskan dalam lembar kerja.

3. Apakah kalian melihat bagian mata yang berwarna hitam pada bagian tengah mata kalian? Bagian ini namanya pupil. Cobalah untuk:
a. Pergi ke area yang terang di luar sekolah kalian. Amati bentuk pupil ketika berada di tempat terang.
b. Pergi ke tempat yang tidak terlalu terang (atau bisa dengan mematikan lampu di kelas kalian). Amati bentuk pupil di mata kalian.
c. Tuliskan hasil pengamatan kalian pada lembar kerja.

4. Ambillah sebuah benda, misalnya buku, pensil, atau benda yang lain. Pegang benda tersebut dengan tangan kalian. Dekatkan benda tersebut dengan mata kalian. Lalu, perlahan jauhkan sampai batas maksimal tangan kalian. Tuliskan apa yang kalian lihat dan rasakan di mata kalian pada lembar kerja.

5. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan pembahasan.

Laporan Hasil Percobaan, buka DISINI.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman 15 berikut ini:

Mari Mencoba

Membuat Gambar Skema Proses Melihat

Wah, ternyata melihat itu merupakan proses yang panjang dan rumit ya! Sungguh besar ciptaan Tuhan kita, bukan? Agar lebih mengerti bagaimana cara mata kita melihat, yuk kita buat gambar skema bagaimana mata melihat! Buatlah di buku tugas kalian dengan jelas dan diberi keterangan, ya! Sertakan juga nama bagian mata yang kalian gambarkan!

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 15 Kurikulum Merdeka

Demikian pembahasan kunci jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial IPAS Kelas 5 halaman 11 buku kurikulum merdeka tentang Mengapa kita bisa melihat benda? Bagaimana cara mata kita bekerja. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar.

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts