Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 10 Kurikulum Merdeka Kesimpulan Pesan Pokoknya


SEARCH DISINI :

Kunci jawaban PAI kelas 4 halaman 10 kurikulum merdeka buatlah kesimpulan tentang pesan pokoknya terjemah dan tafsir singkat QS. AlḤujurāt/49:13, tepatnya pada materi Bab 1 pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti semester 1.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya dimana kalian telah mengerjakan soal pada halaman 7 Pasangkan Ayat dan Terjemahnya Sungguh Kami Telah Menciptakan Kamu. Silahkan kalian pelajari materinya terlebih dahulu, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru secara lengkap.

Read More

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 10 Kurikulum Merdeka Kesimpulan Pesan Pokoknya

Bacalah dengan cermat tafsir ringkas Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut ini!

Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain.

Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Allah Swt. tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt.

Sesungguhnya, Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah Swt. Mahateliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuanNya.

Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah Swt. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai. “Berbeda dalam persaudaraan. Bersaudara dalam perbedaan”.

Aktivitas Kelompok

– Bacalah dengan cermat terjemah dan tafsir singkat QS. AlḤujurāt/49:13 dan buatlah kesimpulan tentang pesan pokoknya!
– Setiap kelompok membuat paparan tentang pesan pokok QS. AlḤujurāt/49:13 dengan media.
– Hasil kerja kelompok dipresentasikan di depan kelas.
– Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap paparan kelompok penyaji.

Jawaban : Pesan yang terkandung dalam surah Al Hujarat ayat 13 adalah kita harus saling kenang mengenal dengan orang lain walupun kita berbeda-beda. Tidak boleh membeda-bedakan orang dalam berkawan hanya karena perbedaan bangsa maupun berbeda bangsa.

Dalam ayat 13 surah Al Hujurat juga mengandung pesan bahwa orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bagus ketaqwaannya.

Jawaban, buka disini: 

Demikian pembahasan kunci jawaban PAI kelas 4 SD MI halaman 10 kurikulum merdeka Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman di buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV semester 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts