Reklame Mengenai Penjelasan Dari Kalender Masehi dan Hijriyah


SEARCH DISINI :

Buatlah reklame mengenai penjelasan dari kalender masehi dan kalender hijriyah, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 122 124 tepatnya pada materi pembelajaran 5 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal kalender sistem penanggalan masehi dan hijriah dilengkapi penjelasan di buku tematik siswa.

Read More

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 124

Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut.

Untuk membuat presentasimu menarik, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan. Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.

Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan.

Jawaban :

Reklame Mengenai Penjelasan Dari Kalender Masehi dan Hijriyah

Presentasi Kalender Masehi dan Kalender Hijriyah

Nama saya Beni dari kelas VI SDN Bismillah di sini saya akan mempresentasikan materi tentang Kelender Masehi dan Kalender Hijriah.

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

A. Tahun Masehi
Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari.

Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Jumlah seperempat hari dikumpulkan dan dijadikan sehari pada tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Pada tahun kabisat ini jumlah hari di bulan pebruari menjadi 29 hari. Pada tahun kabisat Masehi jumlah harinya menjadi 366 hari dalam setahun.

Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.: Januari 31, Pebruari 28/29 (kabisat), Maret 31, April 30, Mei 31, Juni 30, Juli 31, Agustus 31, September 30, Oktober 31, November 30, dan Desember 31 hari.

B. Tahun Hijriah
Kalender hijriah pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Umar bin Khattab. Tahun 1 hijriah ditentukan berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Nabi Muhammad SAW hijrah pada 622 masehi lalu.

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan.. Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 1 2 hari x 12 = 354 hari. Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Sehingga jumlah dalam 1 tahun kabisat kalender hijriyah adalah 355 hari.

Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut. Muharam 30, Safar 29, Robiul Awal 30, Robiul Akhir 29, Jumadil Awal 30, Jumadil Akhir 29, Rajab 29, Syaban 30, Ramadhan 30, Syawal 29. Zulkaedah 30, dan Zulhijah 29/30.

Demikian presentasi yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman semua mengenai Kalender Masehi dan Kalender Hijriah. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat dan apabila ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja saya buat saya minta maaf. Terima kasih.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 124 tentang reklame mengenai penjelasan dari kalender Masehi dan Hijriyah. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian : Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 126 dan 127 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan Pembelajaran 6

Adblock test (Why?)


SEARCH DISINI :

Related posts