7 Fakta Menarik Buah Durian yang Dapat Anda Ketahui  

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

7 Fakta Menarik Buah Durian yang Dapat Anda Ketahui

Gurubagi.com. Buah bernama ilmiah Durio zibethinus iatau durian dikenal karena aromanya yang tajam menyengat dan rasanya yang legit.

Read More

Rasanya yang manis juga membuat buah ini sering disebut sebagai raja buah atau king of fruits. Hampir semua orang mengenal buah ini . Buah ini memiliki ciri khas duri yang banyak pada bagian kulit luarnya.

1. Mampu megatasi insomnia

Fakta menarik pertama buah durian bahwa buah ini dapat mengatasi insomnia. Dibalik rasanyanya yang legit dan bau yang menyengat ternyata mengonsumsi durian selain mengurangi kelelahan saja, ternyata durian juga mampu mengobati insomnia.

Kandungan triptofan yang tinggi pada durian ketika telah memasuki tubuh akan diubah oleh otak menjadi hormon serotonin sehingga mampu menciptakan perasaan bahagia dan juga rileks.

Hormon serotonin bersama dengan melatonin akan memenuhi darah sehingga menciptakan perasaan lelah dan membuat seseorang mudah untuk tertidur.

2. Bau khasnya bersumber dari 44 senyawa

Mengutip dari Journal of agricultural and food chemistry menemukan, bau khas durian berasal dari 44 senyawa yang terkandung di dalamnya.

Senyawa aktif tersebut berkontribusi menimbulkan bau mulai dari; seperti karamel, telur busuk, buah, sup, belerang, madu, bawang putih panggang, hingga kotoran. Enggak heran, bukan? Beberapa hotel melarang tamunya untuk membawa durian ke kamar.

3. Dapat membuat tubuh tetap hangat dan mengurangi kelelahan

Fakta menarik duruan berikutnya dapat memberikan kehangatan pada tubuh dan mengurangi kelelahan.

Kandungan sulfida pada buah durian dipercaya dapat memberikan efek panas dalam tubuh manusia setelah dikonsumsi sehingga bisa memberikan kehangatan pada tubuh, terutama saat suhu udara sedang dingin.

Kandungan mineral yang tinggi pada durian yaitu kalium mampu mengurangi kelelahan.

Selain itu, kandungan karbohidrat yang tinggi pada durian (sekitar 100 gram durian mampu menawarkan 21% kebutuhan karbohidrat harian) mampu mengisi energi yang rendah dengan cepat.

Baca :

4. Mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol dapat berbahaya

Penelitian dalam jurnal Food chemistry menemukan, bahwa mengonsumsi durian berbarengan atau bersamaan dengan alkohol bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Ini disebabkan oleh sulfur yang terkandung dalam durian, bisa mencegah enzim memecah alkohol. Akibatnya, kadar alkohol dalam darah pun meningkat yang kemudian menimbulkan gejala mual, muntah, hingga jantung berdebar.

5. Orang-orang di Asia Tenggara menyebutnya sebagai ‘raja buah’

Dibandingkan dengan buah lainnya, ukuran buah durian ini termasuk besar. Bahkan berat buah durian jika ditimbang bisa mencapai 7 pound.

Selain berukuran besar dan cukup berat, buah durian juga memiliki aroma yang cukup kuat sehingga bagi orang yang tidak menyukainya akan merasa pusing dan juga mual.

Orang-orang di Asia Tenggara menyebut durian sebagai ‘raja buah’  karena keistimewaan yang dimiliki buah durian tersebut.

6. Memiliki banyak warna

Tahukah Anda bahwa durian itu memiliki warna-warni yang bervariasi, bukan hanya berwarna kuning atau putih pucat saja, ada oranye hingga kemerahan.

Durian unik ini juga tumbuh di Indonesia. Misalnya saja, durian merah bisa kamu temukan di Banyuwangi, Jawa Timur, sedangkan durian oranye, berasal dari Kabupaten Kampar, Riau.

7. Kandungan gizi, nutrisi, dan antioksidan lebih tinggi dari buah lainnya

Tidak hanya rasanya saja yang lezat dan manis, durian juga memiliki banyak gizi, nutrisi, dan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan, kandungan gizi, nutrisi, dan antioksidan yang dimiliki durian lebih tinggi dari buah lainnya.

Buah durian kaya akan serat makanan, zat besi, potasium, dan vitamin C, sehingga mampu menutrisi kulit, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan otot, melancarkan buang air besar, dan juga mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada durian mampu meningkatkan kesehatan otak dan kulit, mengurangi mutasi DNA dan sel secara signifikan, serta dapat melindungi kesehatan jantung.

Demikian ulasan mengenai fakta unik buah durian  yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts