Fakta Menarik Kambing, Salah Satunya Hewan yang Takut Hujan

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Gurubagi.com. Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar.

Read More

Pada umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar.

Bagi sebagain orang kambing merupakan hewan ternak yang biasa saja, bahkan sebagai hewan pedaging.  Akan tetapi bagi sebagain orang yang lain kambing bisa menjadi hewan peliharaan yang manis.

Kambing memang hewan pedaging , akan tetapi banyak hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang hewan ini. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar kambing, salah satunya hewan yang takut hujan.

1. Bisa berteman

Fakta menarik pertama, bahwa hewan yang biasa diambil dagingnya ini ternyata bisa diajak berteman.

Kambing dan domba diketahui mampu membentuk ikatan yang dekat dengan domba lain. Mereka juga punya sifat sosial dan suka berada dalam kelompok.

2. Salah satu hewan pertama yang dijinakkan manusia

Kambing sudah dibudidayakan sejak kira-kira 8.000 hingga 10.000 tahun yang lalu. Diketahui kala itu pertama kali kambing dijinakkan bermula dari masyarakat di Pegunungan Zagros yang berada di Iran dan Irak.

Barulah pada abad ke-20 kambing mulai diakui sebagai hewan peliharaan dan dimanfaatkan untuk diambil daging, susu, dan kulitnya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

3. Hewan yang takut hujan

Fakta menarik berikutnya adalah, bahwa kambing termasuk hewan yang takut hujan. Pada umumnya kambing adalah hwan yang sangat tangguh, akan tetapi hujan merupakan salah satu yang mereka tidak sukai.

Menurut penelitian, kambing akan lari ketempat penampungan terdekat yang tersedia saat badai mendekat dan sebelum air hujan turun.

Mereka juga sangat tidak menyukai genangan dan air lumpur. Mungkin melalui evolsi, meneghindari air akan membuat mereka terbebas dari parasit

4. Harganya bisa sangat mahal

Fakta menarik keempat mengatakan, bahwa harga kambing bisa sangat mahal. Pada tahun 2009, seekor domba jantan Skotlandia berusia 8 bulan bernama Deveronvale Perfection dijual dengan harga 230 ribu poundsterling atau sekitar 3.5 miliar rupiah.

Pada saat itu mungkin, merupakan salah satu domba jantan termahal yang tercatat pernah dijual.

5. Kambing akan depresi jika sendirian

Fakta menarik lainnya, adalah kambing bisa depresi jika sendirian. Kambing sama halnya seperti hewan ternak lainnya yang tidak bisa hidup sendirian.

Kambing akan mengalami depresi jika dipelihara sendirian tanpa ada teman. kambing yang dipelihara sendirian tanpa ada teman akan lebih mudah sakit.

6. lebih menyukai raut wajah bahagia

Dalam sebuah eksperimen sederhana, para pneliti meletakan foto-foto di dinding ditempat suaka kambing dengan wajah orang yang sama. Dimana satu beraut wajah bahagia dan satunya beraut wajah marah.

Ternyata kambing tersebut cenderung menghindari wajah-wajah marah dna lebih menyukai ekspresi wajah bahagia.

Baca :

7. Perut kambing memiliki 4 bagian

Kambing memiliki perut 4 bagian, dimana rumput yang dimakan kambing harus melalui perjalanan jauh’ dahulu hingga bisa sampai ke perut.

Pada bagian pertama dinamakan dengan rumen, yaitu tempat pertama kali makanan masuk. Kemudian, beralih ke retikulum tempat makanan yang tidak bisa dicerna dipisahkan.

Setelah retikulum, berikutnya, yaitu omasum tempat air dipisahkan dari makanan sebelum akhirnya masuk ke bagian perut yang sebenarnya, yaitu di abomasum.

8. Kambing sangat rentan terhadap beberapa penyakit

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang rentan terkena penyakit, terutama penyakit pernafasan, seperti radang paru-paru. Selain itu, kambing juga rentan terinfeksi virus dan bakteri, seperti encephalitis caprine arthritis.

Hewan ternak yang mampu hidup hingga usia 24 tahun ini juga mampu menyebarkan infeksi yang mengarah ke penyakit zoonosis, seperti TBC, demam Q, rabies, dan brucellosis.

7. Termasuk hewan penjelajah

Fakta menarik terakhir tentang kambing, adalah bahwa hewan ini termasuk penjelajah yang baik. Kambing merupakan hewan ternak yang suka menjelajah ke tempat asing yang ada di sekitar wilayahnya.

Mereka akan menggunakan bibir dan lidah bagian atas mereka yang sensitif. Selain itu, kambing juga merupakan hewan cerdas. Mereka mampu menguji kekuatan pagar beberapa kali. Jika pagar berhasil hancur, ia akan berusaha melarikan diri.

Demikian fakta menarik kambing, salah satunya hewan yang takut hujan. Semoga bermanfaat

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts