KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 131 132 133 134 135 Energi Alternatif Buku Tematik Siswa SD

KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 131 132 133 134 135 Energi Alternatif Buku Tematik Siswa SD
KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 131 132 133 134 135 Energi Alternatif Buku Tematik Siswa SD

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 3 TEMA 6 Halaman 131 132 133 134 135 Energi Alternatif Buku Tematik Siswa SD – Berikut ini kunci jawaban soal Tema 6 Kelas 3 SD. Simak dengan seksama pembahasan soal Tema 6 Kelas 3 SD/MI Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Kunci Jawaban Tema 6 tentang Energi dan Perubahan soal yang terdapat pada halaman 130, 131, 134, 135.

Halaman 130 sampai 135 ini terdapat pada Subtema 3: Energi Alternatif Energi Alternatif

Read More

Berikut Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 130, 131, 134, 135:

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 130

Ayo Membaca

Air Sumber Energi Alternatif
Air merupakan sumber energi alternatif. Energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak.

Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik.

Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 131

Ayo Berlatih
Tuliskan apa yang kalian pahami dari bacaan di atas pada tempat yang tersedia! Ceritakan dengan bahasamu sendiri. Ceritakan hasilnya di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban:

Air merupakan salah satu sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. Listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Ayo Mencoba

Berolahraga memerlukan energi. Mari berolahraga sambil menirukan gerakan kincir angin! Mari berolahraga sambil menirukan gerak kincir air juga! Kincir air dan kincir angin memiliki gerakan sama. Keduanya bergerak berputar.

Dapatkah kamu menggerakkan badan berputar seperti kincir air dan kincir angin? Ikuti tahapan gerakan berikut ini!

Cara melakukannya:

1. Berdiri tegak kedua kaki dibuka selebar bahu.

2. Kedua tangan memegang bola diletakkan di depan dada.

3. Pandangan ke arah depan bawah.

4. Bungkukkan badan ke depan.

5. Kedua tangan memegang bola dan tetap diletakkan di depan dada.

6. Saat membungkuk, lutut tidak boleh ditekuk.

7. Putar badan dari kiri ke kanan.

8. Setelah selesai berputar, bergeser 1 langkah ke kiri.

9. Lakukan kembali dengan memutar badan dari kanan ke kiri.

10. Setelah selesai berputar, bergeser 1 langkah ke kanan.

Ayo Membaca

Kamu sudah mengetahui bahwa tenaga air merupakan salah satu energi alternatif. Air milik bersama. Meskipun tinggal di tempat berbeda. Namun bumi kita satu. Kita semua tinggal di bumi yang sama. Kita semua harus menjaga bumi kita. Kita bersama-sama menjaga kelestarian sumber energi yang ada di bumi.

Perhatikan gambar berikut ini!

Buka halaman selanjutnya:

Related posts