KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 70 72 73 74 76 77 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 4

KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 70 72 73 74 76 77 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 4
KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 70 72 73 74 76 77 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 4

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 70 72 73 74 76 77 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Subtema 2 Pembelajaran 4 – Berikut ini adalah ulasan kunci jawaban  Tema 7 kelas 4 berjudul Indahnya Keberagaman di Negeriku subtema 2 Pembelajaran 4  tentang Indahnya Keragaman Budaya Negeriku halaman 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, dan 77. Selengkapnya untuk materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Terdapat 3 subtema pada buku ini diantaranya Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, Subtema 2: Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dan Subtema 3: Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Read More

Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 Subtema 2 pembelajaran 4 Halaman 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, dan 77 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 70 (Pembelajaran 4)

Salah satu keragaman budaya di Indonesia adalah keragaman pakaian adat. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

***Ayo Berdiskusi ***

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kalian tinggal?

2. Apa nama pakaian adat dari daerahmu?

3. Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.

4. Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?

Jawaban

(Jawaban sesuai daerah tempat tinggal)

Contoh:

Provinsi tempat tinggal : Kalimantan Barat

Nama pakaian adat: King Baba (untuk pria) dan King Bibinge (untuk wanita).

Keunikan:

Keunikan baju adat ini terletak pada bahan pembuatannya yakni dari kulit kayu ampuro atau kapuo. Kedua pohon ini dikenal dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Cara pembuatannya dengan dipukul-pukul di dalam air kemudian dikeringkan dan dihias untuk digunakan.

Keunikan lainnya adalah pelengkap hiasan baju adat yang digunakan yakni bulu burung enggang. Burung ini sendiri adalah hewan khas Kalimantan dan sudah langka. 

Penggunaan:

Penggunaan: King Baba dan King Bibinge  biasa dipakai pada saat Upacara adat, resepsi pernikahan, hingga menyambut tamu kehormatan.

>>> Halaman 71

***Ayo Membaca***

Ragam Pakaian Adat di Indonesia

Perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat.

Bagi bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu.

Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat. Di beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja, kepala suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat rakyat biasa.

Apa saja nama-nama pakaian adat di Indonesia?

Buka halaman selanjutnya:

Related posts