KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 86 87 88 89 90 Indahnya Keragaman Subtema 2 Pembelajaran 6 Buku Tematik Siswa SD

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 86 87 88 89 90 Indahnya Keragaman Subtema 2 Pembelajaran 6 Buku Tematik Siswa SD
KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 86 87 88 89 90 Indahnya Keragaman Subtema 2 Pembelajaran 6 Buku Tematik Siswa SD

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 4 TEMA 7 Halaman 86 87 88 89 90 Indahnya Keragaman Subtema 2 Pembelajaran 6 Buku Tematik Siswa SD – Hai adik-adik mari simak pembahasan kunci jawaban  Tema 7 kelas 4 berjudul Indahnya Keberagaman di Negeriku halaman 86 87 88 89 dan 90 berikut ini. Materi soal yang dibahas dikutip dari  Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Ada 3 subtema pada buku ini diantaranya Subtema 1: Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, Subtema 2: Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dan Subtema 3: Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Read More

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 2  Pembelajaran 6 dalam Tema 7 kelas 4 tentang Indahnya Keragaman Budaya Negeriku

Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 4 Subtema 2  pembelajaran 6  Halaman 86 87 88 89 90 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 86

***Ayo Membaca***

Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara

Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang kita. Setiap daerah memiliki kesenian khas. Begitu pula daerah Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang disebut uninguningan. Seni musik uning-uningan ini menggunakan banyak alat musik tradisional Sumatra Utara. Dari berbagai alat musik daerah, ada sebuah alat musik yang disebut garantung. Alat musik ini disukai di Sumatra Utara. Dari alat musik ini tercipta alunan melodi yang lembut. Dengan mendengarkan alunan musik ini pikiran menjadi tenang. Oleh karena itu, banyak orang Sumatra Utara menyukainya.

Alat musik garantung terbuat dari kayu. Pada alat musik ini terdapat tujuh bilah kayu yang digantung di atas sebuah kotak. Kotak ini berfungsi sebagai tempat penyimpan suara atau resonator. Alat musik garantung dimainkan dengan cara dipukul. Dalam istilah Sumatra Utara, cara memukul garantung ini disebut mamalu. Untuk memainkannya, dibutuhkan dua buah stik sebagai alat mamalu. Kedua tangan pemain masingmasing memegang satu stik. Saat ini alat musik garantung sering digabungkan dengan alat musik modern, seperti gitar elektrik, gitar bass, keyboard, drum set, dan alat musik tiup, seperti terompet, saxophone, dan trombone. Paduan alat musik tradisional dan modern ini sering dimainkan dalam pertunjukan yang bersifat hiburan serta dalam upacara adat, seperti upacara pernikahan dan upacara pemakaman.

(Sumber: http://temanjrsaragih.com/2016/09/07/musik-garantung. diunduh 22 September 2016)

>>> Halaman 87 – 88

*** Tugas ***

Bacalah teks “Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara”.

1. Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

2. Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara”.

3. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut. Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Jawaban:

Buka halaman selanjutnya:

  • Whatsapp

Related posts