KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 80 81 82 83 85 86 87 88 89 90 91 92 93 Subtema 2 Benda Sekitar

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 80 81 82 83 85 86 87 88 89 90 91 92 93 Subtema 2 Benda Sekitar
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 80 81 82 83 85 86 87 88 89 90 91 92 93 Subtema 2 Benda Sekitar

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 9 Halaman 80 81 82 83 85 86 87 88 89 90 91 92 93 Subtema 2 Benda Sekitar – Berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD berjudul Benda-benda di Sekitar Kita halaman 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, dan 93 subtema 2 pembelajaran 3 tentang Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Read More

Pada buku tematik Tema 9 Kelas 5 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran, Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, dan Subtema 4: Kegiatan Berbasis Literasi.

Kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD dan MI ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 3  halaman 80, 81, 82, 83, 84, 85, 86, 87, 88, 89, 90, 91, 92, dan 93 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 80

Dayu dan Lani duduk santai sambil berbincang di taman sekolah. Mereka berbincang tentang iklan favorit. Ketika Lani menanyakan iklan favorit, Dayu sontak menjawab “Iklan makanan”. “Aku senang lagunya. Isi lagunya bagus”, lanjut Dayu. Leni pun bertanya “Kamu mengetahui isi lagunya? “ jawab Lani.

“Isinya tentang makanan sehat dan bergizi, rasanya bisa nyaman di lidah seluruh orang Indonesia,” jawab Dayu. “Kamu hebat Dayu bisa hafal isi lagu di iklan favoritmu,” Puji Lani kepada Dayu.

Itulah cerita singkat tentang iklan favorit Dayu. Kamu tentu juga bisa menyaksikan iklan melalui media televisi. Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.

>>> Halaman 81

Perhatikan contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.

Iklan Televisi

“Segar nyatanya memang menyegarkan”

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas.

Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.

Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 27 28 29 30 31 32 33 34 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 5 Halaman 19 20 21 22 23 24 25 26 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

>>> Halaman 82

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.

2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.

4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

Sponsor :

1.       Produk yang diiklankan:

Mi Sedap Instant

Produk yang diiklankan

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan: Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas

2. Produk yang diiklankan:

Bimbingan Belajar

Iklan Quiper
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “Belajarnya Nomor Seru, kualitasnya nomor satu” sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati mengikuti bimbingan belajar tersebut agar belajar seru dengan kualitas nomor satu.

>>> Halaman 83 – 84

Dalam pembuatan iklan sangat dibutuhkan adanya kerja sama antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya dapat bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.

Kerja sama tidak hanya dibutuhkan dalam dunia usaha seperti usaha periklanan. Kerja sama juga dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya beragam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut.

1.    Festival Budaya Nusantara

Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan

Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang kuat untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan. Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong

Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolongmenolong tercermin pada kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat. Dalam kegiatan gotong royong, semua perbedaan ditepiskan. Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain. Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

>>>Halaman 85

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa?

Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Jawaban:

Buka halaman selanjutnya:


  • Whatsapp

Related posts