Soal Materi dan Pembelajaran PKn SD (PDGK4401) dan Pembahasan

  • Whatsapp
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini Osnipa akan membahas soal Soal Materi dan Pembelajaran PKn SD (PDGK4401) dan Pembahasan.

Read More

Utamakan jawaban sendiri, ini hanya referensi saja 🙂

Soal Materi dan Pembelajaran PKn SD (PDGK4401) dan Pembahasan

1. Indonesia merupakan Negara yang sangat menganut asas bahwa kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi atau golongan, berdasarkan asas diatas berilah tanggapan dan gambaran mengenai:

a. Keterkaitan antara manusia sebagai makhluk individu, sosial, dan Warga Negara dalam rangka menuju masyarakat yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

Pembahasan:
Manusia sebagai makhluk individu adalah insan ciptaan Tuhan yang beragama dan hidup bersama dengan umat beragama yang berbeda-beda (sosial) dalam konteks sebagai warga
negara Indonesia. Sebagai individu, manusia akan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri dan memerlukan orang lain. Inilah yang menyebabkan manusia akan menjalin hubungan dengan orang lain di dalam sebuah masyarakat. Sebagai warga negara, manusia akan menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dalam rangka menuju masyarakat yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, individu harus mampu menerapkan Pancasila sebagai pandangan hidup, serta mematuhi peraturan UUD 1945. Individu dengan berbagai keragaman di masyarakat harus mampu mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan guna mewujudkan parsatuan dan kesatuan sehingga perdamaian dan kesejahteraan sosial dapat terwujud.

b. Gambarkanlah bentuk pengajaran atau pembelajaran yang sesuai di Sekolah Dasar mengenai cara pengajaran atau pembelajaran yang tepat digunakan oleh Guru Sekolah Dasar mengenai manusia sebagai makhluk individu, sosial, dan Warga Negara, dalam rangka membina siswa Sekolah Dasar menjadi siswa yang bertanggung jawab sesuai dengan pengamalan Pancasila dan UUD 1945

Pembahasan:
Bentuk pembelajaran yang sesuai di sekolah dasar mengenai manusia sebagai makhluk individu, sosial, dan warga negara dalam rangka membina siswa sekolah dasar menjadi siswa yang bertanggung jawab sesuai dengan pengamalan Pancasila dan UUD 1945 yaitu dalam pembelajaran siswa tidak hanya mempelajari materi pelajaran, tetapi mempelajari materi dan sekaligus praktek, berlatih dan mampu membakukan diri bersikap dan berperilaku sebagai materi yang dipelajari. Strategi yang harus dipergunakan guru hendaknya: (1) membina dan menciptakan keteladanan, baik fisik dan materiil (tata dan asesoris kelas/sekolah), kondisional (suasana proses KBM) maupun personal (guru, pimpinan sekolah, dan tokoh unggulan), (2) membiasakan/membakukan atau mempraktekkan apa yang diajarkan mulai di kelas-sekolah rumah dan lingkungan belajar, dan (3) memotivasi minat/gairah untuk terlibat dalam proses belajar, untuk kaji lanjutan dan mencobakan serta membiasakannya. Strategi tersebut dapat dioperasionalkan melalui berbagai metode yang sering digunakan oleh guru dalam ceramah bervariasi tanya jawab, diskusi, problem solving, percontohan, bermain peran, VCT (Value Clarification Technique), kerja lapangan, karya wisata, observasi reportase dan dramatisasi.

2. Indonesia merupakan Negara yang sangat pluralistik bermacam-macam suku, ras, adat, dan agama, ini merupakan suatu keunggulan yang harus dijaga, tetapi jika tidak di sikapi dengan baik berpotensi menimbulkan konflik horizontal, berdasarkan uraian diatas berilah tanggapan dan gambaran mengenai:

a. Berilah sebuah bukti bahwa bangsa Indonesia telah mengalami kemajuan dalam hal keragaman sosial budaya masyarakat!

Pembahasan:
Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman sosial budaya masyarakat. Keberagaman ini muncul karena Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Menurut para ahli, jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai 300 suku bangsa. Beragamnya suku bangsa ini menyebabkan kebudayaan yang dimilikinya pun beragam. Masing-masing suku bangsa akan hasil kebudayaan yang berbeda seperti tarian, nyanyian, alat musik, maupun tradisi. Dalam bidang sosial, mata pencaharian penduduk pun beragam. Masyarakat yang tinggal di pesisir, mata pencaharian penduduknya sebagai nelayan. Di dataran rendah, mata pecaharian penduduknya sebagai petani, dan di dataran rendah mata pencaharian penduduknya dari sektor perkebunan. Saat ini, sosial budaya masyarakat di Indonesia telah mengalami kemajuan. Dalam bidang budaya, banyaknya tarian kreasi baru yang diciptakan di masyarakat. Akulturasi kebudayaan luar dengan kebudayaan asli juga menambah keragaman budaya di masyarakat. Dalam hal sosial, banyaknya orang yang berwirausaha sehingga menambah keberagaman mata pencaharian penduduk.

b. Gambarkanlah bentuk pengajaran atau pembelajaran yang sesuai di Sekolah Dasar mengenai cara pengajaran atau pembelajaran yang tepat digunakan oleh Guru Sekolah Dasar mengenai keragaman sosial budaya, dalam rangka menciptakan masyarakat yang saling menghormati dan menghargai keragaman budaya di Indonesia sebagai bentuk pengamalan semboyan Bhineka Tunggal Ika!

Pembahasan:

3. Pancasila merupakan Ideologi Bangsa Indonesia yang telah dijadikan falsafah sejak NKRI terbentuk, Pancasila sangat mewakili bentuk Negara Indonesia yang sangat pluralistik, begitu pula dengan UUD 1945 merupakan konstitusi negara yang dijadikan sebagai dasar terbentuknya aturan hukum yang berlaku Indonesia, berdasarkan uraian diatas berilah tanggapan dan gambaran mengenai:

a. Berilah sebuah contoh gambaran penerapan mengenai bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan hal mutlak yang harus diterapkan nilai-nilai dasar nya dikehidupan masyarakat Indonesia dalam rangka menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab!

Pembahasan:

b. Gambarkanlah bentuk pengajaran atau pembelajaran yang sesuai di Sekolah Dasar mengenai cara pengajaran atau pembelajaran yang tepat digunakan oleh Guru Sekolah Dasar mengenai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, dalam rangka mencipkan masyarakat yang bertanggung jawab!

Pembahasan:

4. Tegaknya hukum merupakan indikator tertibnya suatu Negara menuju masyarakat yang adil dan tegaknya Hak Asasi Manusia, Indonesia menjadikan hukum sebagai panglima, yang artinya hukum diatas segalanya terlebih lagi kekuasaan, pembelajaran yang paling baik tentang hukum adalah pembelajaran sejak dini yaitu mulai dari jenjang Sekolah Dasar, berdasarkan uraian di atas berilah tanggapan dan gambaran mengenai:

a. Berilah sebuah contoh hasil telaah metode pembelajaran yang tepat diterapkan dalam proses membina dan menanamkan pola hidup taat terhadap hukum pada anak Sekolah Dasar!

pembahasan:

b. Gambarkanlah bentuk model pengembangan pembelajaran yang tepat untuk siswa Sekolah Dasar dalam rangka menciptakan masyarakat yang sadar hukum!

Pembahasan:

Demikian pembahasan dari Soal Materi dan Pembelajaran PKn SD (PDGK4401) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


  • Whatsapp

Related posts