Surat Edaran Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

Gurubagi.com. Surat Edaran Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek.

Read More

Surat Edaran Dirjen GTK  tersebut bernomor 1856/B3/GT.01.00/2022 tertanggal 12 Juli 2022 berisi tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN.

Edaran Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN secara khusus ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Isi Edaran :

DI dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar, khususnya berkaitan dengan pengembangan standar kompetensi teknis bagi guru ASN, Kemendikbudristek melalui Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan,

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan validasi terhadap rancangan kompetensi teknis yang telah disusun melalui pelaksanaan survei secara daring bagi guru ASN (sesuai data terlampir).

Survei ini bertujuan mengumpulkan data untuk uji validitas standar kompetensi teknis guru Aparartur Sipil Negara (ASN).

Berkaitan dengan hal tersebut, maka disampaikan hal-hal sebagai berikut.

1. Pengisian survei dilaksanakan melalui aplikasi SIMPKB mulai tanggal 15-27 Juli 2022;

2. Sasaran guru ASN sesuai daftar terlampir merupakansampling keterwakilan jenjang guru pertama, muda, madya, dan utama.

3. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan untuk menginformasikan danmemastikan para guru ASN di wilayahnya (sesuai daftar terlampir) untuk mengisi survei ini.

4. Webinarterkait survei dimaksud akan dilaksanakan pada hari/tanggal : Senin, 25 Juli 2022, Pukul : 09.00 WIB s.d. selesai

Tautan webinar dan registrasi : https://bit.ly/Register-SurveyASN, dan siaran langsung Youtube KS PS dan Tendik

Panduan Pengisian Survei

Latar Belakang

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mencanangkan arah perubahan merdeka belajar untuk peningkatan pemerataan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tengah mengembangkan Standar Kompetensi Teknis Guru ASN.

Demi pengembangan Standar Kompetensi Teknis Guru ASN yang tepat, maka diperlukan survei untuk melihat kesesuaian rancangan tugas dan kompetensi guru dengan implementasi yang dilakukan dalam keseharian guru di Indonesia. Data-data yang diperoleh dari survei tersebut akan diolah untuk analisis validitas standar kompetensi teknis dan uraian tugas guru yang telah disusun.

Tujuan Survei

Survei ini bertujuan mengumpulkan data untuk melakukan uji validitas standar kompetensi teknis dan uraian tugas guru ASN.

Petunjuk Pengisian Survei

Bagian ini berisi petunjuk umum yang penting untuk Bapak/Ibu perhatikan dalam mengisi surveiini. Mohon dibaca dengan seksama untuk memudahkan proses mengisi survei.

1. Bapak/Ibu akan mengisi survei dalam 4 bagian, yaitu 1 bagian uraian tugas guru dan 3 bagian kompetensi

2. Item berjumlah 81 butir dengan masing-masing butir item memiliki 3 pertanyaan yang harus

3. Durasi pengerjaan survei secara keseluruhan berkisar 1 – 1,5 jam tergantung dari kecepatan Bapak/Ibu mengisi

4. Rentang pengisian adalah tanggal 15-27 Juli

5. Seluruh item pertanyaan survei harus terisi dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Selamat mengerjakan survei  Terima kasih.

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Survei Melalui SIMPKB

Untuk masuk ke dalam instrumen survei, buka laman SIMPKB pada tautan berikut:

https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

Gambar 1. Tampilan Halaman Log In

2. Setelah masuk, akan ada boks pengumuman (gambar 2) untuk menautkan dengan layananID. Bapak/Ibu dapat klik Ya, Tautkan Sekarang pada layar pengumuman untuk menautkan akun yang dimiliki. Jika sudah tertaut maka klik tutup.

Gambar 2. Tampilan notifikasi untuk menautkan BELAJAR.ID

3. Setelah itu, akan muncul kembali boks pengumuman (gambar 3) untuk pengisian  Jika sudah membaca, Bapak/Ibu dapat klik Lengkapi Survei untuk melanjutkan ke laman berikutnya.

Gambar 3. Tampilan Pengumuman Untuk Pengisian Survei

Bapak/Ibu akan disajikan Kata Pengantar (Gambar 4) sebelum memulai pengisian  Dalam laman ini, Bapak/Ibu dapat membaca Latar Belakang, Tujuan Survei, Petunjuk Pelaksanaan Survei, serta Konrifmasi Data Dapodik.

Gambar 4. Tampilan Pengantar dan Konfirmasi Data Dapodik

5. Di bagian bawah laman terdapat tampilan Konfirmasi Data Dapodik (gambar 5). Silahkan lakukan pengecekan kembali untuk kesesuaian data yang tercantum pada laman tersebut dengan data pribadi Bapak/Ibu. Jika data golongan yang disajikan tidak sesuai, silahkan isikan data golongan yang sesuai dengan mengklik -Pilih

Baca : SK BSKAP tentang Satuan Pendidikan Pelaksana IKM TA 2022/2023

Golongan-. Apabila terdapat ketidaksesuaian pada menu golongan, maka akan muncul boks notifikasi (gambar 6). Klik Ok kemudian Lanjut untuk melanjutkan. Sementara jika sudah sesuai, Bapak/Ibu dapat langsung klik Lanjut (gambar 7).

Gambar 5. Tampilan Konfirmasi Data Dapodik untuk pemilihan golongan

Gambar 6. Tampilan notifikasi jika terdapat ketidaksesuaian pada menu golongan

Gambar 7. Tampilan Pengantar dan Konfirmasi Data Dapodik

6. Bapak/Ibu akan menghadapi laman Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi TugasGuru (gambar 8). Silakan Bapak/Ibu baca dengan seksama terlebih dahulu, jika sudah selesai membaca silahkan klik Tutup.

Catatan:

Petunjuk tersebut akan muncul secara otomatis ketika Bapak/Ibu masuk pada setiap bagian instrumen. Lakukan hal yang sama pada Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Kompetensi 1, Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Kompetensi 2, dan Petunjuk Pengisian Instrumen Validasi Kompetensi 3.

Gambar 8. Tampilan Panduan Pengisian Survei

7. Setelah ditutup, maka Bapak/Ibu akan langsung dihadapkan pada laman Survei(gambar 9). Di bagian atas terdapat bar yang menandakan secara keseluruhan terdapat 4 bagian yang harus diisi, yaitu Instrumen Validasi Tugas Guru, Instrumen Validasi Kompetensi 1, Instrumen Validasi Kompetensi 2, dan Instrumen Validasi Kompetensi 3. Di dalam setiap laman terdapat sekitar 10 soal yang harus diisi. Bacalah dengan seksama dan pastikan tidak ada yang terlewat. Klik Lanjut setelah Bapak/Ibu selesai mengisi satu laman.

Gambar 9. Tampilan Survei

  1. Apabila di dalam pengerjaan Bapak/ibu perlu melihat kembali petunjuk pengisian survei maka Bapak/Ibu bisa pilih manu Petunjuk Pengisian yang terdapat di bagian kanan atas laman (gambar 10)

Gambar 10. Tampilan Menu Petunjuk Pengisian

9. Pastikan kembali Bapak/Ibu mengisi seluruh  Jika terdapat jawaban yang belum terisi maka akan muncul boks notifikasi (gambar 11) bahwa terdapat nomor yang belum terisi. Jika hal ini terjadi, silahkan Bapak/Ibu klik Ok dan mengisi pertanyaan yang masih kosong.

Gambar 11. Tampilan Notifikasi Peringatan Nomor yang Belum Terisi

10. Di beberapa item deskripsi tugas mapupun deskripsi perilaku, terdapat kata yangberwarna merah, tercetak miring dan  Bapak/Ibu dapat mengklik kata tersebut untuk masuk ke dalam tampilan glosari (gambar 12). Tampilan ini dimaksudkan agar Bapak/Ibu dapat mengetahui dan menyamakan persepsi mengenai makna yang dimaksud.

Gambar 12. Tampilan Glosari

11. Bapak/Ibu dapat melihat progres pengisian survei pada bagian atas di setiap laman (gambar13). Bar akan menunjukkan posisi Bapak/Ibu saat ini, dan memberikan informasi mengenai instrumen yang sudah terisi dan instrumen selanjutnya yang akan  Pengisian survei dinyatakan selesai jika seluruh bagian di dalam bar sudah memiliki centang hijau.

Gambar 13. Tampilan Proses Pengisian Survei

12. Jika terdapat kesalahan dalam pengisian di halaman sebelumnya, maka Bapak/Ibu dapat mengklik Kembali untuk kembali ke halaman sebelumnya (gambar 14). Sedangkan tombol Lanjut akan berfungsi untuk melanjutkan pengisian survei ke halaman berikutnya (gambar 15).

Bapak/Ibu dapat mengklik menu Lanjutkan Nanti jika ternyata di dalam pengisian terdapat aktivitas yang harus dilakukan segera dan menyebabkan sedikit tertundanya pengisian survei (gambar 16). Dengan mengklik tombol ini maka secara otomatis jawaban Bapak/Ibu akan tersimpan sehingga Bapak/Ibu tidak perlu mengulang lagi dari awal untuk melanjutkan pengisian.

Gambar 14. Tampilan menu Kembali

Gambar 15. Tampilan menu Lanjut

Gambar 16. Tampilan menu Lanjutkan Nanti

13. Jika keempat bagian instrumen dan semua pertanyaan survei sudah terisi, makapada tampilan halaman terakhir akan muncul simpan (gambar 17). Klik menu Simpan untuk menyimpan jawaban survei yang sudah Bapak/Ibu isi.

Gambar 17. Tampilan Menu Simpan

14. Boks notifikasi konfirmasi akan akan muncul setelah Bapak/Ibu klik menu Simpan pada laman sebelumnya (gambar 18). Klik Ya jika Bapak/Ibu sudah yakin dengan jawaban survei yang  Jawaban survei setelah disimpan dan klik Ya sudah tidak dapat diubah kembali. Dengan demikian, jawaban yang Bapak/Ibu berikan di dalam survei ini telah terekam dan tersimpan.

Gambar 18. Tampilan Notifikasi Konfirmasi Simpan Jawaban Survei

15. Tugas Bapak/Ibu telah selesai. Terima kasih banyak atas partisipasi Bapak/Ibu didalam mengisi survei  Partisipasi Bapak/Ibu sangat berharga dan bermakna untuk program pengembangan kompetensi Guru secara nasional. Hasil survei ini akan digunakan sebagaimana mestinya.

Surat Edaran Dirjen GTK tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demian Surat Edaran Dirjen GTK tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Survei Validasi Kompetensi Teknis Guru ASN. Semoga bermanfaat,

(Why?)

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts