KABAR GEMBIRA LIBUR PANJANG di Akhir Bulan Oktober 2020 Cuti Bersama Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp
Kabar Gembira LIBUR PANJANG di Akhir Bulan Oktober 2020 Cuti Bersama Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW
Kabar Gembira LIBUR PANJANG di Akhir Bulan Oktober 2020 Cuti Bersama Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

CARI KUNCI JAWABAN

TOPIKTREND.COM, Kabar Gembira LIBUR PANJANG di Akhir Bulan Oktober 2020 Cuti Bersama Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW – Pemerintah tetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW

Hal itu disampaikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy setelah melakukan Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (19/10/2020).

Read More

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden, menetapkan bahwa cuti dan libur dalam peringatan Maulid Nabi tetap dilaksanakan. Jadi tidak ada perubahan,” ujarnya dalam keterangan pers, yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Bedasarkan kalender Masehi tahun 2020, tanggal 29 Oktober merupakan tanggal merah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 jatuh pada hari Rabu dan Jumat.

Sedangkan 31 Oktober dan 1 November merupakan libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Artinya, akhir Bulan Oktober 2020 akan ada libur panjang selama lima hari.

Pemerintah pun menyadari bahwa libur panjang ini akan terjadinya potensi pergerakan masyarakat menuju objek wisata atau tempat lainnya.

Menurut Muhadjir, Presiden Jokowi menyampaikan libur cuti dan Maulid Nabi ini jangan sampai menciptakan naiknya angka kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Kegiatan libur dan cuti ini jangan sampai menjadi faktor menaiknya angka kasus dan juga peningkatan Covid-19,” katanya.

Bedasarkan laporan media harian Covid-19, per tanggal 19 Oktober 2020 pukul 12:00 WIB, jumlah kasus konfirmasi postif terus mengalami penambahan.

Tedapat penambahan kasus konfirmasi positif sebesar 3.373 orang, sehingga total akumulasi 365.240 kasus.

Jumlah kasus sembuh yang dilaporkan juga terus bertambah 3.919 orang, menjadi 289.248 orang.

Sementara itu, total kasus kematian Covid-19 di Indonesia berjumlah 12.617 kasus atau naik 106 korban pada hari ini.

Dalam keterangan pers itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meyampaikan sejumlah hal terkait libur panjang ini.

“Yang pertama, bagi saudara semua yang daerahnya zona merah, kalau tidak pulang (kampung) atau berlibur, lebih baik mengisi waktu untuk beres-beres rumah dan menikmati liburan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Yang kedua, sambung Tito, jika ingin melakukan  perjalan keluar kota, pastikan bahwa Anda telah melakukan tes PCR yang hasilnya negatif Covid-19.

Dalam poin ketiga, Tito akan melakukan rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam waktu dekat yang akan membahas antisipasi libur panjang ini.

“Daerah-daerah kita harapkan agar menjaga betul mekanisme pertahanan daerah masing-masing yang selama ini sudah berjalan,” ujarnya.

Dalam keterangan itu, Tito mengharapkan adanya kampung sehat atau kelurahan sehat, yang di mana warga yang baru datang dari luar daerah sudah mengantongi surat bebas covid-19.

“Upayakan seperti itu. Peran daripada Gubernur, Bupati, Camat, Kepada Desa, Lurah menjadi sangat penting,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul HORE Libur Panjang di Akhir Oktober 2020 – Cuti Bersama Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, https://pontianak.tribunnews.com/2020/10/20/hore-libur-panjang-di-akhir-oktober-2020-cuti-bersama-peringati-maulid-nabi-muhammad-saw?page=all.

Editor: Rizky Zulham

Related posts