KUNCI JAWABAN Kelas 3 Tema 5 Cuaca Halaman 132 133 134 135 136 137 Buku Tematik Siswa SD Subtema 3 Pembelajaran 2 Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal

Jawaban:

Read More

Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.

Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi. Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa.

Ayo Beraktivitas (Halaman 133)

Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Teman-teman lain membawa lauk pauknya.

Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya.

Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!

Ayo Membaca (Halaman 134)

Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin.

Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.

Ayo Mengamati (Halaman 135)

Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan ke mana perginya air hujan?

Perhatikan gambar di bawah ini!

Bagaimana hujan terjadi?

Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat!

Isilah kotak dengan nomor urut gambar yang tepat.

Jawaban:

Hasilnya akan menunjukkan bagaimana hujan terjadi.

Ayo Menulis (Halaman 136)

Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.

Jawaban:

Hujan adalah air yang jatuh dari langit. Hujan jatuh ke bumi karena awan terisi penuh dengan embun yang menjadi air.

Proses terjadinya hujan dimulai dari sinar matahari yang panas menyebabkan adanya proses penguapan. Air yang berada di bumi seperti laut, sungai, serta sumber air lainnya mengalami penguapan.

Uap air terkumpul di udara dalam bentuk awan. Awan yang terbentuk menjadi semakin besar. Adanya angin juga membuat awan kecil berkumpul menjadi besar

Karena kandungan air di awan yang sudah besar dan tidak bisa ditampung lagi maka butiran-butiran air akan jatuh. Terjadilah hujan.

Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan.

Rajin-rajinlah menuliskan hasil bacaanmu. Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 3 Halaman 132 133 134 135 136 137 Pembelajaran 2 Pengaruh Perubahan Cuaca, https://pontianak.tribunnews.com/2021/01/22/kunci-jawaban-tema-5-kelas-3-halaman-132-133-134-135-136-137-pembelajaran-2-pengaruh-perubahan-cuaca?page=all.

Editor: Syahroni

Related posts