KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 4 Halaman 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat – Simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 4 kelas 5 SD / MI berjudul Sehat Itu Penting halaman 34, 35, 36, 37, 38, 39, 40, 41 dan 42 Subtema 1 Pembelajaran 5 tentang Peredaran Darahku Sehat.

Materi soal yang dibahas dikutip dari  Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Read More

Pada buku tematik Tema 4 Kelas 5 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1 tentang Peredaran Darahku Sehat, Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, dan Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Selengkapnya soal juga terdapat pada subtema 1 Pembelajaran 5 dalam Tema 4 kelas 6 SD / MI Peredaran Darahku Sehat.

Kunci jawaban Tema 4 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 5 SD / MI  Subtema 1 pembelajaran 5 Peredaran Darahku Sehat halaman 34, 35, 36, 37, 38, 39, 40, 41 dan 42  yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Informasi Kunci Jawaban)

>>> Halaman 34

Minggu pagi Lani menyirami bunga. Lani menyirami bunga sambil bernyanyi. Lagu yang dinyanyikannya “Lihat Kebunku”. Lagu yang dinyanyikan Lani bertangga nada mayor. Oleh karena itu, Lani menyanyikannya dengan penuh semangat. Masih ingatkah kamu dengan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor? Ciri tangga nada mayor antara lain bersemangat dan riang gembira. Lagu “Lihat Kebunku” merupakan contoh lagu bertangga nada mayor. Coba sebutkan contoh judul lagu anak-anak lainnya yang bertangga nada mayor.

Ayo Menulis

Carilah contoh lagu anak-anak bertangga nada mayor! Kamu dapat mencari nya melalui internet. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Jawaban

Contoh lagu anak-anak bertangga nada mayor sebagai berikut.

1. Si Kancil

2. Pamanku datang

3. Bintang kejora

4. Kring-Kring Ada Sepeda

5. Cicak

6. Balonku

7. Di Sini Senang Di Sana Senang

8. Pelangi

>>> Halaman 35

Lagu bertangga nada mayor banyak ditemukan pada lagu anak-anak. Sebaliknya, lagu bertangga nada minor kebanyakan pada lagu anak muda. Terutama lagu-lagu yang menceritakan kesedihan hati. Hal ini dapat kamu Cirikan pada lagu yang kurang bersemangat dan sedih. Contoh lagu Syukur, Gugur Bunga, dan Tuhan. Contoh lagu bertangga nada mayor dan minor adalah sebagai berikut.

1. Lagu bertangga nada mayor

Contoh lagu bertangga nada mayor Bintang Kecil.
Contoh lagu bertangga nada mayor Bintang Kecil. (Buku Terpadu Tematik SD)

2.      Lagu bertangga nada minor

Contoh lagu bertangga nada minor Syukur.
Contoh lagu bertangga nada minor Syukur. (Buku Terpadu Tematik SD)

Ayo Berkreasi

Kamu telah mengetahaui contoh lagu bertangga nada mayor dan minor. Carilah contoh lainnya tentang lagu bertangga nada mayor dan minor. Kmau dapat mencarinya dari sumber bacaan, baik buku maupun internet. Salin atau fotokopi tangga nada dari lagu yang kamu peroleh. Tempelkan hasilnya pada kolom berikut.

1.      Lagu bertangga nada mayor

Contoh lagu bertangga nada mayor Anak Gembala.
Contoh lagu bertangga nada mayor Anak Gembala. (brainly.co.id)

2.      Lagu bertangga nada minor

Contoh lagu bertangga nada minor gugur bunga.
Contoh lagu bertangga nada minor gugur bunga. (brainly.co.id)

Ayo Bernyanyi

Pilihlah satu lagu bertangga nada mayor dan minor. Kemudian, nyanyikan lagu yang kamu pilih di depan kelas.

>>> Halaman 38

Apakah kamu hobi menyanyi seperti Lani? Bersyukurlah jika kamu memiliki hobi menyanyi. Mengapa harus bersyukur? Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Gothenburg di Swedia menyatakan, bahwa bernyanyi sangat bagus untuk paru-paru dan kesehatan jantung. Kamu tentu tahu, betapa pentingnya jantung bagi peredaran darah pada tubuh manusia.

Jantung adalah salah satu organ penting dalam peredaran darah pada tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain jantung, organ penting lainnya dalam peredaran darah pada tubuh manusia adalah paru-paru.

Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh. Jadi, dengan bernyanyi secara langsung kamu telah melakukan upaya menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuh, khususnya jantung dan paru-paru.

Kesehatan organ peredaran darah sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika organ peredaran darah terganggu, tubuh kita menjadi tidak sehat. Padahal kesehatan sangat penting bagi kita. Mengapa kesehatan itu penting bagi kita? Bacalah bacaan berikut.

Ayo Membaca

Manfaat Kesehatan bagi Manusia

Kesehatan memang sangat bermanfaat. Kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup. Bagi kehidupan, kesehatab mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat Kesehatan Secara Langsung

Ada berbagai manfaat kesehatan yang kita peroleh secara langsung. di antaranya kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan semangat tanpa ada gangguan. Kita patut bersyukur karena telah diberikan hikmah dan nikmat kesehatan yang sangat berharga. Berikut adalah manfaat kesehatan yang secara langsung dapat kita nikmati.

1. Mengurangi pengeluaran. Bayangkan jika kamu sedang sakit tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk ke rumah sakit dan membeli obat.

2. Menambah pemasukan. Jika tubuh dalam keadaan sehat alami tentu kita dapat bekerja secara baik dan segar bugar seperti biasa. Hal ini tentu akan menambah pemasukkan dibandingkan kita sedang sakit.

3. Menghemat waktu. Mengapa salah satu manfaat kesehatan adalah untuk menghemat waktu? Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan dan tugas yang akan tertunda jika kita sedang sakit. Bayangkan berapa banyak tugas yang akan tertunda jika kita sakit dan berapa banyak tugas yang akan kita kerjakan jika kita dalam keadaan sehat.

>>> Halaman 39

Manfaat Kesehatan Secara Tidak Langsung

Manfaat kesehatan secara tidak langsung tidak kalah pentingnya dengan manfaat sehat secara langsung. Manfaat kesehatan secara tidak langsung di antaranya menjernihkan setiap pikiran, tindakan, dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif. Selain itu, beberapa manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut.

1. Peluang untuk sukses. Sukses hanya dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita. Kegiatan harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.

2. Tabungan masa depan. Dengan sehat maka kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan ini dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan amal yang kita lakukan sehari-hari.

3. Kesempatan untuk berbagi. Kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup. Oleh karena itu, kita akan diberi kesempatan lebih untuk berbagi antarsesama untuk berbuat pahala. Disadur dari:http://manfaat.co.id/manfaat-kesehatan

Ayo menulis

1.       Informasi apakah yang kamu dapat dari bacaan di atas? Tuliskan pada kolom berikut. Jawaban:

Jawaban:

Manfaat kesehatan secara langsung dan secara tidak langsung. Manfaat kesehatan secara langsung meliputi mengurangi pengeluaran, menambah pemasukkan, dan menghemat waktu. Sedangkan manfaat kesehatan secara tidak langsung meliputi peluang untuk sukses, tabungan masa depan, dan kesempatan untuk berbagi.

2. Mengapa kesehatan organ peredaran darah itu penting? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban:

a.       Pentingnya kesehatan organ peredaran darah: Kesehatan peredaran darah sangat mempengaruhi tubuh kita. Apabila organ peredaran darah terganggu, aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat menimbulkan penyakit. Dengan demikian tubuh menjadi tidak sehat.

b.       Upaya yang dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat: Olahraga dapat membuat organ peredaran darah tetap sehat. Misalnya, untuk menjaga kebugaran jantung, kamu dapat meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

>>> Halaman 40

Upaya yang bisa dilakukan setiap individu dalam menjaga organ peredaran darah adalah berolahraga. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu perlu meluangkan waktu 30 menit setiap hari berolahraga. Kegiatan fisik yang dilakukan secara kontinu akan membuat aliran darah dalam tubuh kamu menjadi lancar. Olahraga juga akan membuat kamu terhindar dari kegemukan dan stres.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu dapat mengikuti kegiatan olahraga beladiri pencak silat di sekolah seperti yang diikuti Beni. Dengan mengikuti pencak silat, aliran darah kamu akan lancar. Manusia tidak selalu bugar setiap saat.

Manusia pasti pernah mengalami lelah atau capek. Hal itu dapat disebabkan karena banyaknya pekerjaan, kurang makan makanan bergizi, dan kurang berolah raga. Sebagai manusia kita perlu mengendorkan pikiran dengan mencari hiburan sejenak, misalnya bermain pantun.

Pantun banyak jenisnya. Untuk menghilangkan lelah atau capek, kita bisa memilih bermain pantun jenaka. Berikut contoh pantun jenaka atau pantun berisi hiburan.

*Buaya putih hidup di rawa

Meronta-ronta terjerat jaring

Perut sakit menahan tawa

Gigi nenek loncat di piring

*Buah pisang buah tomat

Disimpan di dalam lumbung padi

Pantas tercium bau menyengat

Rupanya kau belum mandi

*Kapal berlayar di laut Jawa

Nakhoda mengacungkan jempol

Adik menangis lalu tertawa

Melihat kakak masih mengompol

>>> Halaman 41

Kamu telah membaca pantun-pantun jenaka di atas. Apakah yang dimaksud pantun jenaka? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut! Pantun jenaka adalah………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………………………

Jawaban:

Pantun jenaka adalah pantun yang isinya mengandung hal-hal yang lucu. Pantun jenaka juga bisa mengandung sindiran namun tetap lucu.

Ayo Berkreasi

Buatlah pantun jenaka! Tuliskan dalam kotak berikut! Selanjutnya, bacakan di depan kelas secara bergantian! Pantun jenaka

Jawaban:

Contoh pantun jenaka:

1.        Kalau ketam datang ke rawa
Lintah turun ke dalam kali
Kalau monyet sedang tertawa
Mukanya jelas lucu sekali

2.      Asam kandis asam jawa
Satu peti di dalam kereta
Jikalau nenek sudah tua
Hati atuk tetaplah cinta

3.      Disini kosong di sana kosong
Tidak terdapat batang tembakau
Bukannya aku berkata bohong
Ada katak memikul kerbau

4.      Ikan gabus di rawa-rawa
Ikan belut nyangkut di jaring
Perutku sakit menahan tawa
Gigi palsu loncat ke piring

Ayo Renungkan

Banyak orang mengabaikan kesehatan organ peredaran darahnya. Akankah orang-orang seperti itu menyesal dan mau mengindahkan kesehatan di kemudian hari ketika salah satu organ peredaran darahnya mengalami gangguan? Bagaimanakah tanggung jawabnya terhadap nikmat yang Tuhan berikan dalam bentuk organ peredaran darah yang bisa menjaga kelangsungan hidupnya? Inilah yang patut kamu renungkan. Tuliskan hasil renunganmu!

Jawaban:

Tanggung jawab saya terhadap nikmat organ peredaran darah yang menjaga kelangsungan hidup adalah dengan menjaga organ peredaran darah dengan cara:

1.  Selalu memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh.

2. Menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam.

3. Melakukan olahraga secara teratur.

4. Membatasi asupan lemak

>>> Halaman 42

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tanyakan kepada semua anggota keluargamu mengenai lagu kesukaan mereka. Tuliskan judul lagu yang disukai setiap anggota keluargamu. Tuliskan juga tangga nada dari judul lagu tersebut. Tuliskan dalam tabel seperti berikut

Jawaban:

Ayah = Lintang angin, minor

Ibu = Mundur alon alon minor

Saya = entah apa, mayor

Adik = Balon ku mayor

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 4 Kelas 5 Halaman 34 35 36 37 38 39 40 41 42 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat, https://pontianak.tribunnews.com/2021/10/08/kunci-jawaban-tema-4-kelas-5-halaman-34-35-36-37-38-39-40-41-42-subtema-1-peredaran-darahku-sehat?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts