KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa –  Berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 8 kelas 5 berjudul Lingkungan Sahabat Kita subtema 2 Pembelajaran 3 tentang Perubahan Lingkungan halaman 68, 69, 70, 71, 72, 73 dan 74. Selengkapnya untuk soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Pada buku tematik Tema 8 Kelas 5 terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Manusia dan Lingkungan, Subtema 2: Perubahan Lingkungan dan Subtema 3 : Usaha Pelestarian Lingkungan dan Subtema 4: Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi.

Read More

Kunci jawaban Tema 8 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 Subtema 2 pembelajaran 3 halaman 68, 69, 70, 71, 72, 73 dan 74 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 68

***Ayo Membaca ***

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Amatilah kegiatan ekonomi di lingkungan sekitarmu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut? Jika dicermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula kegiatan ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana. Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

1. Usaha Pertanian Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

2. Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

3. Usaha Jasa

Perhatikan usaha jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa

4. Industri Kecil

Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

>>> Halaman 70

*** Ayo mengamati ***

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

 jenis-jenis usaha ekonomi  yang dikelola secara perorangan

>>> Halaman 71

***Ayo Berkreasi***

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan.

1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis

2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama

3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis

4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:

Buka halaman selanjutnya:

  • Whatsapp

Related posts