KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa

KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa
KUNCI JAWABAN Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 68 70 71 72 73 74 Perubahan Lingkungan Subtema 2 Buku Tematik Siswa
Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:

a. Nama jenis usaha

b. Sumber gambar

Read More

– Pertanian

Panen padi sawah varietas INPARI 32 milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Maju di Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, melimpah. Dari 25 hektare sawah, per hektarenya mampu menghasilkan sekitar 6 ton gabah padi kering. Meski hasil padi melimpah, petani masih kesulitan untuk memasarkan ke luar. Selain karena akses transportasi yang sulit, para petani juga memerlukan bantuan pemerintah untuk pengemasan dan pemasaran produk beras.
Panen padi sawah varietas INPARI 32 milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Maju di Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, melimpah. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa)

– Peternakan

H Sauri saat ditemui Tribun dipeternakan sapinya di gang Keramat, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.
--
H Sauri saat ditemui Tribun dipeternakan sapinya di gang Keramat, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. — (TRIBUN PONTIANAK/Muzammilul Abrori)

– Perdagangan

Anggota AJK Saat Membagikan Masker Gratis ke Pedagang dan Pengunjung di Pasar Tradisional Melati. Foto Nur Imam Satria
Pedagang di Pasar Tradisional Melati. Foto Nur Imam Satria (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Nur Imam Satria)

– Jasa

Sejumlah karyawan menangani penataan rambut pelanggan di pangkas rambut Cak Mul di Jalan Letjend Sutoyo, Pontianak Selatan, Rabu (21/6/2017) sore.
Ilustrasi – Sejumlah karyawan menangani penataan rambut pelanggan di pangkas rambut Cak Mul di Jalan Letjend Sutoyo, Pontianak Selatan, Rabu (21/6/2017) sore. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / TITO RAMADHANI)

– Industri Kecil

Diperpanjang hingga 30 November 2020, Program Diskon Tambah Daya
Ilustrasi – pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). (TRIBUN FILE/ISTIMEWA)

>>> Halaman 71-72

*** Ayo membaca***

Desa Unik di Bali

Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut.

Desa Tenganan

Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya.

Desa Trunyan

Desa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini adalah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, jenazah orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.

Desa Penglipuran 

Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh karena itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

>>> Halaman 73

***Ayo Berdiskusi***

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.    Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

Jawaban:

Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali
Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

Jawaban:

Jawaban berbeda tiap siswa, tergantung daerah siswa tinggal.

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?

Jawaban:

Bersikap toleransi dan menghormati terhadap keragaman sosial budaya masyarakat di Indonesia.

>>> Halaman 74

***Ayo Renungkan ***

1. Apa yang telah aku pelajari hari ini?

Jawaban: hari ini aku belajar tentang jenis usaha yang ada di masyarakat dan juga belajar tentang keunikan desa-desa yang ada di Bali.

2. Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?

Jawaban: pengetahuan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu tentang jenis usaha yang beragam bisa mmeunculkan ide untuk berinovasi dan juga membuat usaha bisnis sendiri. 

***Kegiatan Bersama Orang Tua***

Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman jenis budaya di lingkungan tempat tinggalmu?

Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.

Jawaban: bentuk sikap toleransi contohnya pada saat hari Minggu ada kerja bakti. Maka warga yang beragama katolik tidak dipaksakan untuk datang pagi hari karena mereka harus ke gereja.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 Halaman 68 70 71 72 73 74 Tematik SD Subtema 2 Perubahan Lingkungan, https://pontianak.tribunnews.com/2021/03/08/kunci-jawaban-tema-8-kelas-5-halaman-68-70-71-72-73-74-tematik-sd-subtema-2-perubahan-lingkungan?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

Jual Paket Buku Tematik Siswa SD Terlengkap Kurikullum 2013
Latihan Soal Cerdas Ulangan Harian Kelas 1 2 3 4 5 6, Klik Tombol Berikut:


Related posts