KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 3 Halaman 15 16 17 18 19 21 dan 10 11 12 13 14 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

  • Whatsapp
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 3 Halaman 15 16 17 18 19 21 dan 10 11 12 13 14 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 3 Halaman 15 16 17 18 19 21 dan 10 11 12 13 14 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 3 Halaman 15 16 17 18 19 21 dan 10 11 12 13 14 Buku Tematik Siswa Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia – Inilah ulasan soal dan kunci jawaban Tema 3 kelas 6  SD / MI berjudul Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Pembelajaran 2 tentang Penemu yang Mengubah Dunia.

Untuk soal  terdapat pada halaman 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, dan 20 Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Read More

Terdapat 3 subtema pada buku tematik Tema 3 Kelas 6 SD diantaranya adalah Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya, dan Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu.

Soal dan kunci jawaban Tema 3 kelas 6 SD ini dapat dijadikan referensi untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Siswa dapat menjawab soal terlebih dahulu kemudian mengoreksi dengan alternatif jawaban yang ada.

Simak soal dan kunci jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 SD halaman 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, dan 20 Subtema 1 pembelajaran 2  tentang Penemu yang Mengubah Dunia yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

(Update Informasi Kunci Jawaban)

Halaman 10

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.

Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.
Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini. (Buku Terpadu Tematik SD)

Halaman 11 – 12

Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?

Jawaban:

–          Kipas angin

–          Televisi

–          Radio

–         Lampu

Apa manfaat listrik untuk Edo?

Jawaban:

–          Listrik bermanfat bagi edo untuk mendapatkan informasi dan berita penting dari televisi dan radio.

–          Ruangan Edo terasa dingin dan segar pada saat udara panas dengan kipas angin.

–          Terang lampu membantu Edo beraktifitas malam sehingga mendukung aktifitas belajar, bermain atau membantu orang tua di rumah dan sebagainya.

Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!

Jawaban:

1.  Sebagai sumber penerangan. Pada saat malam hari ketika sinar matahari tidak ada, Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu.

2. Penghasil Panas. Energi listrik bisa dapat diubah menjadi energi panas yang digunakan berbagai alat rumah tangga. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.

3. Sumber Energi. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.

4. Sarana Hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah misalnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player menggunakan energi listrik untuk menjalankannya.

5.  Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.

Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman. Apakah manfaat listrik yang kalian rasakan sama? Mengapa?

Jawaban:

Manfaat terbesar listrik yang kami rasakan adalah kami bisa belajar di malam hari. Kami juga bisa menggunakan komputer dan perangkat ponsel untuk belajar dari internet dan mengerjakan soal yang diberikan oleh bapak dan ibu guru.

Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?

Jawaban:

Apabila listrik padam maka rutinitas akan sangat terganggu, baik dalam komunikasi (hp, laptop,), transportasi (mobil listrik, penerangan jalan), domestik (lampu rumah, kulkas, tv, hp, laptop), pekerjaan (las, komputer, dan sebagainya)

Sehingga kita akan mengalami masalah-masalah krusial seperti terlambatnya laju informasi, terbengkalainya pekerjaan rumah, tidak adanya hiburan, Krisis air bersih dan sebagainya.

Ya, kamu berhak mendapatkan manfaat dari listrik. Dengan adanya listrik, kamu dapat menonton televisi, menyalakan radio, dan menyalakan lampu. Itu adalah hal-hal yang kamu berhak lakukan. Apa itu hak? Ayo, kita pelajari lebih lanjut.

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!

Perhatikan gambar-gambar berikut!
Perhatikan gambar-gambar berikut! (Buku Terpadu Tematik SD)

Halaman 13

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!

Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari. (Buku Terpadu Tematik SD / gawekami.com)

Sampaikan jawabanmu kepada seorang teman! Apakah hasil kalian sama? Apa yang dimaksud dengan hak?

Jawaban:

Hak merupakan suatu yang kita peroleh didalam keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan lainnya.

Apa saja yang memengaruhi hak kita?

Apa saja yang memengaruhi hak kita.
Apa saja yang memengaruhi hak kita. (Buku Terpadu Tematik SD / gawekami.com)

Halaman 14

Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, me[1]nyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.

Dari penemuan Michael Faraday, kita dapat memperoleh hak kita untuk memanfaatkan benda yang menggunakan listrik. Hal itu sangat mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Dari Michael Faraday kita juga belajar untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. Sikap itu harus selalu kita contoh dalam keseharian kita. Mencontoh dari sikap Michael Faraday, teruslah bekerja keras dalam belajar dan menemukan pengetahuan baru.

Ayo Mencoba

Perhatikan kembali gambar rumah Edo berikut!

Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini.
Amatilah gambar kamar Edo di berikut ini. (Buku Terpadu Tematik SD)

Pada gambar di atas, ada bentuk yang dibatasi oleh kurva lingkaran. Umumnya, kita dapat menyebutnya sebagai bentuk lingkaran.

Halaman 15

Apakah lingkaran dibatasi oleh kurva tertutup? Jelaskan!

Jawaban: Ya lingkaran dibatasi kurva tertutup, karena kurva pada lingkaran merupakan tempat kedudukan titik – titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat

Apa yang membedakan bentuk lingkaran dengan bentuk lainnya?

Jawaban: Lingkaran berupa garis yang berbentuk melingkar, tidak ada ujung maupun pangkalnya

Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?

Jawaban:

Benda-benda di sekitar yang berbentuk lingkaran.
Benda-benda di sekitar yang berbentuk lingkaran. (Buku Terpadu Tematik SD / gawekami.com)

Apa itu lingkaran? Amatilah bentuk berikut!

Apa itu lingkaran? Amatilah bentuk berikut!
Apa itu lingkaran? Amatilah bentuk berikut! (Buku Terpadu Tematik SD)

Halaman 16 & 17

Apakah lingkaran dibatasi oleh kurva tertutup? Jelaskan! Apa yang membedakan bentuk lingkaran dengan bentuk lainnya? Mari kita lakukan percobaan berikut.

1. Ambillah sebuah benda di sekitarmu yang berbentuk lingkaran. Ukuran bendanya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

2. Jiplaklah benda tersebut pada kertas bekas.

3. Guntinglah kertas tersebut.

4. Lipatlah lingkaran tersebut menjadi 2 bagian sama besar.

5. Lipatlah kembali lipatan tersebut menjadi 2 bagian sama besar.

6. Berilah tanda untuk titik yang berada di tengahnya. Titik itu dinamakan titik pusat lingkaran.

7. Berilah tanda dengan huruf A, B, C, dan D pada kurva dari ujung hasil lipatan.

8. Ukurlah jarak titik pusat lingkaran dengan titik A, B, C dan D. Berdasarkan percobaan yang kamu lakukan, jawablah pertanyaan berikut!

Jawaban:

Pada percobaan, jarak titik pusat terhadap titik A, B, C dan D adalah 5 cm.

1. Jaraknya sama yaitu,
Jarak titik pusat ke titik A = 5 cm
Jarak titik pusat ke titik B = 5 cm
Jarak titik pusat ke titik C = 5 cm
Jarak titik pusat ke titik D = 5 cm

2. Ya, jaraknya tetap sama yaitu 5 cm.

3. Kesimpulannya yaitu jarak titik pusat dengan titik-titik yang terletak pada kurva lingkaran selalu tetap atau sama dan jarak kedua titik ini biasanya kita namakan dengan panjang jari-jari lingkaran.

Lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang membentuk kurva tertutup dan jarak setiap titik pada kurva dengan satu titik tertentu sama. Titik tersebut dinamakan titik pusat lingkaran.

Halaman 18

Gambar lingkaran halaman 18.
Gambar lingkaran halaman 18. (Buku Terpadu Tematik SD)

Kita dapat menuliskan OA atau menyebutnya lingkaran A. A adalah titik pusat lingkaran. Berdasarkan bentuk yang sudah kamu temukan, menurutmu apa manfaat lingkaran dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Dalam kehidupan sehari-hari kita memanfaatkan lingkaran dalam bentuk kendaraan atau permainan. Contohnya seperti sebagai bola, sebagai roda kendaraan, sebagai ban sepeda, sebagai permainan hulahop dan masih banyak lagi.

Ayo Berkreasi

Di dalam kamar, Edo mempunyai radio yang menggunakan listrik. Edo sangat senang mendengarkan radio sambil beristirahat. Edo suka sekali mendengarkan musik daerah dari stasiun radio favoritnya. Salah satu lagu favoritnya adalah Mariam Tomong yang berasal dari Sumatra Utara. Ayo, kita ikut bernyanyi bersama Edo.

Halaman 19 – 20

Amatilah teks lagu Mariam Tomong berikut ini. Nyanyikan lagu Mariam Tomong bersama dengan gurumu.

Teks lagu Mariam Tomong.
Teks lagu Mariam Tomong. (Buku Terpadu Tematik SD)

Supaya nada yang kamu nyanyikan tepat, kamu perlu berlatih bernyanyi dengan memperhatikan interval nada. Awalnya kita akan berlatih menyanyikan solmisasi tangga nada berikut.

Interval lagu mariam tomong.
Interval lagu mariam tomong. (Buku Terpadu Tematik SD)

Halaman 21

Berlatihlah berkali-kali ya, supaya nada kamu tepat. Perhatikan teks lagu Mariam Tomong. Carilah nada-nada yang berjarak 1, ½, 2, 1 ½ .

Cobalah kembali menyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat.

Bagaimana latihanmu hari ini? Menyenangkan

Apakah nada-nadamu sudah tepat? Sudah

Michael Faraday selalu pantang menyerah untuk mencoba hal yang baru. Jika kamu belum berhasil untuk untuk menyanyikan nada-nada tersebut dengan tepat, teruslah berlatih ya! Jangan pernah menyerah, karena dengan terus berlatih suatu saat pasti kamu akan bisa.

Ayo Renungkan

– Apa yang kamu pelajari hari ini?

– Apa yang sudah kamu pahami? Apa yang masih belum kamu pahami?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sampaikan kepada orang tuamu tentang sikap Michael Faraday. Mintalah pendapat mereka tentang hal-hal yang dapat kamu contoh dari Michael Faraday.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 6 Halaman 15 16 17 18 19 21 & 10 11 12 13 14 Penemu yang Mengubah Dunia, https://pontianak.tribunnews.com/2021/09/09/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman15-16-17-18-19-21-10-11-12-13-14-penemu-yang-mengubah-dunia?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari | Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts