KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 9 Halaman 14 15 16 17 18 19 21 22 23 24 25 Keteraturan yang Menakjubkan

KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 9 Halaman 14 15 16 17 18 19 21 22 23 24 25 Keteraturan yang Menakjubkan
KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 9 Halaman 14 15 16 17 18 19 21 22 23 24 25 Keteraturan yang Menakjubkan

TOPIKTREND.COM, KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 9 Halaman 14 15 16 17 18 19 21 22 23 24 25 Keteraturan yang Menakjubkan – Yuk simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 9 kelas 6 SD berjudul Menjelajah Angkasa Luar halaman 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, dan 25. Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Pada buku tematik Tema 9 Kelas 6 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Keteraturan yang Menakjubkan, Subtema 2: Benda Angkasa Luar dan Rahasianya, dan Subtema 3: Tokoh Penjelajah Angkasa Luar.

Read More

Selengkapnya untuk soal yang dibahas adalah pada subtema 1 pembelajaran 2 dalam Tema 9 kelas 6 SD tentang Keteraturan yang Menakjubkan.

Kunci jawaban Tema 9 kelas 6 SD dan MI ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 SD Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, dan 25 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

>>> Halaman 14

Tata surya kita terdiri atas delapan planet. Kedelapan planet tersebut mengelilingi Matahari sebagai pusatnya. Perhatikan dengan saksama planetplanet itu, berilah nama! Setiap planet dalam tata surya kita memiliki ciri dan keunikan masing-masing. Tahukah kamu ciri dan keunikan planet-planet itu? Udin dan Made memerhatikan gambar susunan tata surya dengan saksama. Mereka menamai planet-planet itu satu per satu. Made terlihat memegang penggaris dan meletakannya di atas gambar planet-planet itu.

Udin : ”Apa yang kamu lakukan dengan penggaris itu, Made?”

Made : “Aku hanya ingin membandingkan mana planet yang paling besar dan mengurutkannya.”

Udin : “Oh, ya! Aku juga ingin mengetahuinya. Tetapi, sebenarnya kita dapat membacanya pada bacaan ini! Di dalam bacaan ini setiap planet dalam tata surya dijelaskan secara lengkap. Yuk, kita baca bersama!”

>>> Halaman 15 – 16

Ayo Membaca

Mengenal Tata Surya ;
Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian. Mereka melakukannya selama bertahun-tahun untuk menjawab misteri tentang ruang angkasa. Ada apa di sistem tata surya kita? Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusatnya. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Di sekeliling bola berpijar, ada lingkar cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu di permukaannya hampir 6000 derajat Celsius. Suhu inti Matahari mencapai 15.000.000 derajat Celsius. Percikan panasnya dapat membakar segala sesuatu hingga 97 kilometer. Namun, Matahari hanya tergolong bintang sedang. Masih banyak bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.

Matahari www.simplenews.me

Planet apa yang terdekat dengan Matahari? Planet ini bernama Merkurius. Planet Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari. Merkurius sulit terlihat di langit pada malam hari jika dilihat dari Bumi. Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Keunikan dari Merkurius adalah melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

Merkurius www.simplenew.me

Planet berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus merupakan planet terdekat dari Bumi. Venus lebih panas dibanding Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi karena Planet Venus memiliki lapisan atmosfer tebal yang dilapisi awan. Oleh karena itu, pancaran sinar Matahari terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah satu keunikan planet ini. Awan tersebut terlihat indah karena memantulkan cahaya Matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling terang di antara planet-planet dalam sistem tata surya. Venus melakukan rotasi dengan arah yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lainnya. Venus berotasi searah dengan jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

 Venus www.simplenews.me

Planet ketiga adalah Bumi yang disebut sebagai Planet Biru. Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari Matahari sehingga tidak terbakar.

bumi www.simplenews.me

Planet setelah Bumi adalah Mars. Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet ini disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki kutub yang diselimuti es. Suhu udara di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu sekitar 63 derajat Celsius di bawah nol, karena letak Mars yang lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi.

mars www.simplenews.me

Planet kelima adalah planet Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. Suhu di planet ini pun sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat Celsius. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Letak inti planetnya pun jauh di tengah. Planet ini memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa.

jupiter www.simplenews.me

Planet keenam dalam sistem tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Cincin tersebut terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbit mengelilingi planet tersebut. Saturnus merupakan gas raksasa yang berputar sangat cepat. Hal ini menyebabkan bagian ekuatornya menggembung. Oleh sebab itu, kutubnya tampak lebih datar dibanding planet lainnya. Saturnus memiliki beberapa satelit yang lebih banyak dibanding Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit yang paling terkenal yang mengelilingi Saturnus adalah Titan.

saturnus www.simplenews.me

Planet Uranus merupakan planet ketujuh dalam sistem tata surya. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat Celsius.

uranus www.simplenews.me

Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan yang nyata. Sama halnya dengan Jupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga terdiri atas gumpalan gas. Atmosfernya dipenuhi dengan gas metana, dan sering terjadi badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya

Neptunus www.simplenews.me

Sumber : Buku Tematik Tema 9 Kelas 6, Puskurbuk, 2015

>>> Halaman 17

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca dan memahami bacaan “Mengenal Tata Surya”. Sekarang lakukanlah kegiatan kelompok berikut ini. Kamu juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar.

1. Bagilah kelas menjadi delapan kelompok sesuai dengan jumlah planet dalam tata surya dan Matahari.
2. Setiap kelompok akan mendapatkan bagian untuk menemukan informasi penting dari semua planet dalam sistem tata surya dan Matahari.
3. Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut:

a. Gambar planet atau Matahari.

b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi.

c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.

4. Susunlah informasi tersebut sehingga tampilannya menarik dan mudah dipahami.
5. Tempelkan kertas yang berisi keterangan tentang anggota tata surya tersebut di dinding yang telah ditentukan.
6. Setiap kelompok akan mengamati informasi yang dibuat oleh kelompok lain secara bergantian. Setiap anggota kelompok boleh menuliskan pertanyaan tentang anggota tata surya dari kelompok lain pada sebuah kertas kecil dan meletakkannya di dekatnya.
7. Dalam waktu yang ditentukan, setiap kelompok akan melakukan presentasi di depan kelas secara bergantian. Selain presentasi, setiap kelompok juga akan menjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lain yang telah dituliskan sebelumnya.
8. Kelompok yang tidak melakukan presentasi akan mencatat informasi penting dan mengajukan pertanyaan jika diperlukan.

*Matahari
Suhu permukaan : ±6.000 °C
Suhu inti : ±15.000.000 °C
Diameter : ±1.3927 juta km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Materi penyusun : Hidrogen, Helium, dan Oksigen
Matahari merupakan pusat tata surya
Fakta Unik :
Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar.

*Planet Merkurius
Urutan Planet : Pertama
Jarak dari Matahari :;57 juta km
Diameter : ±4.879 km
Kecepatan rotasi : 59 hari
Kecepatan revolusi : 88 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik :
Melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

*Planet Venus
Urutan Planet : Kedua
Jarak dari Matahari : 108 juta km
Diameter : ±12.104 km
Kecepatan rotasi : 242 hari
Kecepatan revolusi : 225 hari
Jumlah satelit :-
Fakta Unik :
Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain, dikelilimgi awan indah karena memantulkan cahaya Matahari

*Planet Bumi
Urutan Planet : Ketiga
Jarak dari Matahari : 149,6 juta km
Diameter : ±12.742 km
Kecepatan rotasi : 1 hari
Kecepatan revolusi : 365 hari
Jumlah satelit :1 (Bulan)
Fakta Unik :
Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru dan diselimuti atmosfer

*Planet Mars
Urutan Planet : Keempat
Jarak dari Matahari : 227 juta km
Diameter : ±6.779 km
Kecepatan rotasi : 1,4 hari
Kecepatan revolusi : 687 hari
Jumlah satelit :2 (Phobos dan Demos)
Fakta Unik :
Mars dijuluki sebagai Planet Merah.Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi

*Planet Jupiter
Urutan Planet : Kelima
Jarak dari Matahari : 778,55 juta km
Diameter : ±139.820 km
Kecepatan rotasi : 10 jam
Kecepatan revolusi : 4.332 hari
Jumlah satelit :67
Fakta Unik :
Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. dan merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas.

*Planet Saturnus
Urutan Planet : Keenam
Jarak dari Matahari : 1,4 milyar km
Diameter : ±116.463 km
Kecepatan rotasi : 10,7 jam
Kecepatan revolusi : 10.832 hari
Jumlah satelit :56
Fakta Unik :
Saturnus terlihat memiliki cincin yang terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbitnya

*Planet Uranus
Urutan Planet : Ketujuh
Jarak dari Matahari : 2.870 juta km
Diameter : ±50.724 km
Kecepatan rotasi : 17,2 jam
Kecepatan revolusi : 30.799 hari
Jumlah satelit :27
Fakta Unik :
Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius

*Planet Neptunus
Urutan Planet : Kedelapan
Jarak dari Matahari : 4,5 milyar km
Diameter : ±49.530 km
Kecepatan rotasi : 16,1 jam
Kecepatan revolusi : 60.190 hari
Jumlah satelit :8
Fakta Unik :
Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari dan terbentuk dari gumpalan gas.

>>> Halaman 18

Ayo Menulis

Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di mana, dan Bagaimana.

Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.
1. Apa nama planet yang terjauh jaraknya dari matahari?

Jawaban :

Buka halaman selanjutnya:

Related posts