KUNCI JAWABAN Kelas 6 TEMA 7 Halaman 33 34 35 36 Apa yang Perlu disyukuri Oleh Seorang Pemimpin? Subtema 1 Pembelajaran 4 Tematik Siswa SD MI

KUNCI JAWABAN Kelas 6 TEMA 7 Halaman 33 34 35 36 Apa yang perlu disyukuri oleh seorang pemimpin? Subtema 1 Pembelajaran 4 Tematik Siswa SD MI
KUNCI JAWABAN Kelas 6 TEMA 7 Halaman 33 34 35 36 Apa yang perlu disyukuri oleh seorang pemimpin? Subtema 1 Pembelajaran 4 Tematik Siswa SD MI

– KTT I ASEAN di Bali 23-24 Februari 1976

Keterangan: KTT I ASEAN di Bali merupakan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) pertama yang diadakan negara-negara anggota ASEAN.

Read More

Satu dari beberapa hasil dari KTT pertama tersebut adalah pembentukan Sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

Peran Indonesia: Menjadi penyelenggara KTT ASEAN, Jakarta menjadi pusat sekretariat ASEAN, Indonesia terpilih menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN.

– Kerja Sama Antarparlemen di ASEAN

Keterangan: ASEAN Inter Parliamentary Organization (AIPO) adalah badan yang didirikan untuk meningkatkan kerjasama antarparlemen negara-negara ASEAN.

Peran Indonesia: Mengusulkan pembentukan Kerjasama Antar Parlemen (Tahun 1974), Indonesia bersama Thailand, Filipina, Singapura dan Malaysia resmi mendirikan Kerjasama Antar Parlemen (Tahun 1977).

– Pеrtеmuаn kе-44 Mеntеrі Luаr Nеgеrі ASEAN (19 Julі 2011)

Keterangan:

Pеrtеmuаn kе-44 Mеntеrі Luаr Nеgеrі ASEAN ialah pertemuan para Menteri Luar Negeri negara-negara yang menjadi anggota organisasi ASEAN yang dinamakan dengan Annual Ministerial Meeting.

Pertemuan ini diadakan setahun sekali dan mengambil tempat di negara-negara ASEAN secara bergiliran.

Pada pertemuan ke-44 yang dilaksanakan di Bali membahas tentang pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi (ASEAN Institute for Peace and Reconciliation), aksesi Brazil terhadap Traktat Persahabatan dan Kerjasama (Treaty of Amity and Cooperation), implementasi Deklarasi Tata Perilaku Pihak-Pihak di Laut China Selatan (Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea/DOC), Pengembangan Komunitas ASEAN, Implementasi Piagam ASEAN, dan rencana pemberlakuan Visa Bersama ASEAN (ASEAN Common Visa).

Peran Indonesia: Sebagai Negara Penyelenggara.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 36

Pada Pembelajaran 3, kamu telah mengidentifikasi hal-hal pokok dalam teks pidato.

– Bersama kelompokmu, carilah satu teks pidato.

– Selanjutnya, identifikasilah hal-hal pokok dalam pidato tersebut.

Ingatlah untuk selalu menuliskan kosakata dalam bentuk baku.

– Bacakan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok–kelompok lain.

Jawaban:

Sesuai dengan teks pidato yang ditemukan masing-masing peserta didik.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua. Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini. Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek.

Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato di atas terdapat salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, salam penutup.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 33, 34, 35, 36 Tematik SD / MI Pembelajaran 4 Subtema 1, https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/15/kunci-jawaban-tema-7-kelas-6-halaman-33-34-35-36-tematik-sd-mi-pembelajaran-4-subtema-1?page=all.

Editor: Zulkifli

Related posts