Menuju Masyarakat Sejahtera, KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 6 Halaman 92 93 94 96 97 Buku Tematik Siswa SD Subtema 3 Pembelajaran 2 Judul Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat

  • Whatsapp
Menuju Masyarakat Sejahtera, KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 6 Halaman 92 93 94 96 97 Buku Tematik Siswa SD Subtema 3 Pembelajaran 2 Judul Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Menuju Masyarakat Sejahtera, KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 6 Halaman 92 93 94 96 97 Buku Tematik Siswa SD Subtema 3 Pembelajaran 2 Judul Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat

TOPIKTREND.COM, Menuju Masyarakat Sejahtera, KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 6 Halaman 92 93 94 96 97 Buku Tematik Siswa SD Subtema 3 Pembelajaran 2 Judul Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat  – Kita masih mengulas materi subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat pembelajaran 2 buku tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang terdapat pada halaman 92, 93, 94, 96, dan 96, Pembelajaran dari buku tematik akan kita lanjutkan dengan pembahasan kunci jawaban dari materi buku tematik SD Tema 6 Kelas 6 berjudul Menuju Masyarakat Sejahtera.

Terdapat 3 subtema yang dibahas pada buku tematik kelas 6 tema 6 diantaranya subtema 1: Masyarakat Peduli Lingkungan, subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, dan subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat.

Read More

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 6 kelas 5 SD ini dapat digunakan sebagai referensi belajar anak di rumah.

Ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Simak kunci jawaban tema 6 kelas 6 SD halaman 92, 93, 94, 96, dan 96 subtema 3 pembelajaran 2  buku tematik SD dilansir dari buku siswa SD/ MI kelas VI dan berbagai sumber:

Pembelajaran 2 (Halaman 92)

>>> Halaman 93.

Ayo Mengamati

Contoh reklame.
Contoh reklame. (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)

Setelah mengamati reklame di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa bunyi tulisan pada papan reklame di atas?

2. Gambar apa yang terdapat pada papan reklame di atas?

3. Apakah tujuan pembuatan dan pemasangan reklame tersebut?

4. Lembaga apa yang memasang reklame tersebut?

Tulislah jawabanmu di bawah ini.

Tulisan berbunyi tentang ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dan ajakan untuk memiliki dua anak
Gambar yang terdapat pada reklame adalah gambar keluarga yang terdiri ayah, ibu dan dua anak

Tujuan dari reklame tersebut  untuk menjalankan dan menghidupkan kembali program KB di tengah-tengah masyarakat

Dibuat oleh BkkbN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional – dahulu bernama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional)

>>> Halaman 94.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati sebuah reklame serta mengetahui isi dan tujuannya. Sekarang diskusikan bersama temanmu tentang pengertian reklame secara benar. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut ini.

Hasil Diskusi :

Reklame adalah pengumuman yang ditujukan untuk orang banyak dan dibuat dengan menarik

Ayo Membaca

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk meng- informasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.

Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklamekomersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan.

Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog.

Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.

Gambar reklame media visual.
Gambar reklame media visual. (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)

>>> Halaman 95- 96

Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Setiap paragraf pada bacaan di atas memiliki gagasan utama. Apa gagasan utama pada paragraf pertama? Apa gagasan utama pada paragraf kedua? Apa gagasan utama pada paragraf ketiga? Apakah menurutmu judul dan isi bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan. Kemudian,

Tuliskan gagasan utama setiap paragraf pada kolom berikut. Bacalah teks non fiksi yang telah disajikan di depan dengan cermat. Selanjutnya, isilah tabel di bawah ini.

Tuliskan gagasan utama setiap paragraf pada kolom berikut. Bacalah teks non fiksi yang telah disajikan di depan dengan cermat. Selanjutnya, isilah tabel di bawah ini.

*Paragraf 1

Gagasan utama :

Pengertian Reklame

*Paragraf 2

Gagasan utama :

Macam-macam reklame

*Paragraf 3

Gagasan utama :

Pembagian Reklame media visual berdasarkan pemasangannya

>>> Halaman 96 – 97

Ayo Mengamati

Amatilah reklame media visual berikut!

Gambar reklame media visual.
Gambar reklame media visual. (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)

Apa nama jenis reklame media visual pada gambar di atas?

Jawaban: Reklame media visual jenis brosur…

Ingatkah kamu mengenai masa pubertas? Coba tuliskan kembali ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki dan anak perempuan pada selembar kertas. Kemudian, kumpulkan

hasil tulisannmu kepada gurumu.

Ingat….

*Ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki

Pada laki-laki, masa pubertas dimulai pada kisaran usia 13 – 14 tahun sampai kisaran usia 17 – 19 tahun.

Ciri-ciri pubertas pada remaja laki-laki antara lain:

– Suara berubah menjadi lebih berat

– Massa otot bertambah

– Tumbuh kumis dan jakun

– Keringat semakin banyak

– Kulit berminyak dan berjerawat

*Ciri Pubertas pada Remaja Perempuan

Pada perempuan, masa pubertas dimulai pada kisaran 10-11 sampai kisaran usia 17-19 tahun.

Ciri-ciri pubertas pada remaja perempuan antara lain:

– Suara berubah menjadi lebih nyaring

– Bentuk tubuh berubah, misalnya pinggul mulai membesar

– Mulai mengalami menstruasi

– Keringat semakin banyak

– Kulit berminyak dan berjerawat

– Perubahan emosi

Ayo Renungkan

Ada bermacam-macam reklame seperti yang telah dijelaskan di depan. Apa yang telah kamu lakukan dalam mempelajari macam-macam reklame?

Dapatkah kamu membuat karya reklame? Apa yang akan kamu lakukan supaya bisa membuat karya reklame? Coba kamu renungkan. Tuliskan hasil renunganmu di bawah ini dan tunjukkan kepada gurumu.

Hasil Renungan:

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa saja reklame yang sudah pernah kamu lihat? Apa manfaat dan akibat reklame dalam kehidupan. Diskusikan bersama orang tuamu mengenai dua pertanyaan tersebut. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut. Kemudianlah, buatlah reklame berupa brosur bersama orang tuamu. Kumpulkan hasilnya kepada Gurumu.

Hasil Diskusi:

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 6 Halaman 92 93 94 96 97 Tematik SD Subtema 3 Menuju Masyarakat Sejahtera, https://pontianak.tribunnews.com/2021/01/10/kunci-jawaban-tema-6-kelas-6-halaman-92-93-94-96-97-tematik-sd-subtema-3-menuju-masyarakat-sejahtera?page=all.
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari

  • Whatsapp

Related posts