5 Fenomena Awan Langka yang Bikin Perasaan Ngeri Sampai Takjub

0
53

Ada hal menarik yang bisa kita dapatkan jika kita memperhatikan awan dengan seksama. Terkadang bentuk awan itu akan muncul dengan berbagai macam bentuk yang menyerupai benda atau binatang dan dihubung-hubungkan dengan sebuah kejadian. Terlepas dari semua mitos seputar penampakan awan tersebut. Ternyata ada fenomena awan langka yang mempunyai keunikan yang berhasil membuat takjub hingga kengerian tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa fenomena awan langka yang terjadi di berbagai belahan dunia yang membuat kita berdecak kagum bahkan hingga menimbulkan rasa ngeri tersendiri. Apa saja itu? berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

1. Fenomena Awan Morning Glory

Morning glory adalah sebuah fenomena awan dengan bentuk seperti tali yang berjajar. Ini adalah salah satu fenomena awan yang terbilang langka dan diperkirakan terjadi karena angin yang bertabrakan di bagian timur yang lembab dari laut Karang. Serta bagian barat yang hangat yang berasal dari teluk Carpentaria.

Formasi yang dihadirkan dari awan morning glory ini bergerak melintasi langit dan memiliki kecepatan 40 km per jam. Awan ini umumnya terjadi ketika fajar di selatan teluk Carpentaria yang ada di Australia Utara. Anda dapat mengamati nya dari pemukiman terpencil yang bernama Burketown, Queensland antara bulan September dan November ketika kondisinya tepat.

2. Puncak Gunung Semeru ‘Bertopi’

Sebuah fenomena alam yang ada di puncak gunung Semeru sempat menarik perhatian masyarakat di bulan Desember tahun 2018 lalu. Awan yang ada tepat di puncak para dewa dengan bentuk lingkaran seperti payung. Walaupun sempat membuat heboh, akan tetapi fenomena ini ternyata disebabkan dari adanya perubahan atau pergerakan arah angin yang terjadi di puncak Semeru.

Dengan fenomena ini, maka Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyatakan. Bahwa fenomena awan yang terjadi di puncak Semeru merupakan fenomena biasa yang tergolong jarang terjadi.

3. Fenomena Awan Skypunch

Skypunch adalah sebuah fenomena alam yang terbilang langka. Awan ini tampak seperti lubang besar di tengah-tengah kerumunan awan lain. Hal ini mengakibatkan langit seperti tampak berlubang. Fenomena awan skypunch ini pernah terjadi di Al Ain Uni Arab Emirat. Hal ini tampak dari sebuah unggahan warganet di twitter kala itu.

Fenomena tersebut sempat memperoleh berbagai macam reaksi dari warganet di sosial media. Bukan hanya itu, fenomena skypunch ini juga pernah terjadi di Ontario, Kanada pada tahun 2017. Formasi awan yang sangat unik bisa menyita perhatian masyarakat dan wisatawan. Skypunch umumnya terjadi di wilayah wilayah yang mempunyai suhu rendah.

4. Shelf Clouds

Fenomena awan ini bernama Shelf Clouds dan bentuknya tampak menyerupai tsunami. Terakhir kali fenomena awan seperti ini muncul dengan bentuk yang sangat jelas di tahun 2014 dan terjadi selama dua kali. Pertama fenomena ini terjadi di Sydney, Australia. Saat terjadi, cuaca memang cukup mendung di Sydney dan tidak lama sesudah awan terlihat terjadi hujan deras dibarengi dengan kilat dan petir. Dua hari kemudian fenomena Shelf Clouds ini juga tampak di atas langit Florida. Sama seperti di Sydney saat Shelf Clouds terlihat tidak lama kemudian hujan dan badai terjadi.

5. Gelombang Kelvin-Helmholtz

Satu lagi fenomena awan langka yang unik membentuk ombak bergulung pernah terjadi di Virginia di Amerika Serikat. Fenomena ini dikenal sebagai Gelombang Kelvin-Helmholtz. Formasi awan langka ini sangat memukau para wisatawan yang ada di Smith Mountain Lake Virginia. Awan ini tampak seperti gelombang laut, namun berada di atas langit. Awan unik ini diperkirakan terjadi ketika lapisan atmosfer yang berbeda punya kecepatan angin yang berbeda sehingga menciptakan awan bergelombang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here